12+ Pola Teks Perundingan Singkat Beserta Strukturnya

Posted on

12 Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya – Contoh perundingan perihal jual beli, lingkungan masyarakat, dan pendidikan sangat umum kita jumpai di dalam kehidupan sehari hari. Teks perundingan sendiri merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa indonesia yang bahasanya disesuaikan dari kata negotiation dari bahasa inggris. Contoh teks perundingan juga kerapkali diasumsikan sebagai teks perundingan, hal ini terjadi bukan tanpa alasan melainkan baik dalam teks perundingan dan teks perundingan sama sama terdapat arti musyawarah untuk mufakat.

Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), perundingan terdapat arti sebagai sebuah proses tawar menawar melalui adanya perundingan untuk memberi inginpun mendapatkan dengan tujuan meraih akad bersama. Sesampai kemudian orang yang melaksanakan perundingan jual beli inginpun perundingan lainnya disebut sebagai negosiator. Contoh teks perundingan singkat juga sanggup disebut sebagai obrolan negosiasi, mengapa dialog? lantaran sebuah perundingan hanya akan terjadi apabila pesertanya dua orang atau lebih guna menuntaskan sebuah permasalahan. Penyelesaian kasus melalui obrolan perundingan umumnya diawali dengan bertukar pikiran terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan mencari solusi dari permasalahan tersebut.

 Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya 12+ Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya
Contoh teks perundingan beserta strukturnya

Dari penterangan diatas sanggup kita simpulkan bahwa pola teks perundingan merupakan sebuah obrolan yang terjadi antara satu orang dengan orang lainnya dan lagi membahas sebuah permasalahan baik jual beli inginpun sebagainya, lantaran tak sanggup diselesaikan sendirian maka dibutuhkan adanya orang lain untuk diajak bernegosiasi. Namun tak selamanya sebuah obrolan perundingan akan menghasilkan sebuah akad bersama, dalam pola teks perundingan umumnya terdapat pro dan kontra antara masing masing negosiator.

Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya

Dalam artikel kali ini kita akan membahas obrolan dan pola teks perundingan jual beli, tawar menawar, pendidikan, dan bermacam obrolan perundingan lainnya yang umum dijumpai dalam kehidupan sehari hari. Namun sebelum kita beranjak membahas pola teks perundingan ini ada baiknya kita juga mengetahui pengertian teks perundingan secara umum, ciri ciri teks negosiasi, kaidah kebahasaan teks perundingan dan struktur teks perundingan tersebut.

Pengertian teks negosiasi

Secara umum pengertian teks perundingan merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa indonesia yang umum kita jumpai didalam kehidupan sehari hari, bentuk dan pola teks perundingan sanggup bermacam macam antara lain merupakan proses jual beli dan tawar menawar yang umumnya memuat sebuah obrolan perundingan guna menemukan akad bersama antar kedua belah pihak. Tidak hanya sanggup terjadi antara dua orang saja, namun sebuah perundingan juga sanggup terjadi antara tiga orang, bahkan lima orang sekalipun.

Struktur teks negosiasi

Dalam sebuah pola teks perundingan jual beli singkat sekalipun kita akan menemukan struktur teks ini lantaran sama ibarat jenis teks dalam bahasa indonesia lainnya, teks perundingan juga terdapat struktur khusus yang membedakan jenis teks ini dengan teks lainnya. Adapun struktur teks perundingan merupakan sebagai berikut :

  1. Orientasi : Bagian ini umumnya memuat kalimat atau obrolan pembuka. Biasanya salah satu negosiator akan mengucapkan salam untuk memulai proses negosiasi.
  2. Permintaan : Pada penggalan ini salah satu negosiator meminta suatu barang atau jasa kepada sang penjual (apabila perundingan tersebut dalam konteks jual beli dan tawar menawar).
  3. Pemenuhan : Pada penggalan ini penjual memenuhi ajakan pembeli.
  4. Penawaran : Penawaran merupakan penggalan inti dari sebuah perundingan jual beli dimana pembeli berbisnis menawar harga barang semoga lebih murah.
  5. Persetujuan : Persetujuan merupakan penggalan dimana kedua belah pihak telah sepakat sesudah proses tawar menawar selesai.
  6. Pembelian : Adalah penggalan dimana pembeli memutuskan untuk melanjutkan transaksi jual beli atau tak.
  7. Penutup : Umumnya dalam epilog perundingan kedua belah pihak akan mengucapkan terimakasih sekalipun proses perundingan gagal sebagai simbol penghormatan dan menandai perundingan telah selesai.

Ciri ciri teks negosiasi

Jika kita amati secara seksama, setiap pola teks perundingan singkat yang ada akan mempunyai kandungan struktur khusus serta ciri ciri didalamnya. Ciri ciri ini sanggup kita jadikan sebagai parameter apakah sebuah obrolan termasuk dalam obrolan perundingan atau tak. Adapun ciri ciri teks perundingan merupakan :
  • Peserta percakapan atau obrolan terdiri lebih dari satu orang, sanggup dua atau lebih.
  • Mengarah pada suatu tujuan.
  • Memprioritaskan kepentingan bersamba dibandingkan individu.
  • Terdapat kasus baik jual beli inginpun lainnya.
  • Peserta perundingan mencari solusi bersama.
  • Menghasilkan akad perundingan antara kedua belah pihak.

Contoh teks perundingan singkat

Setelah kita mempelajari ciri ciri dan struktur teks negosiasi, maka bacalah teks perundingan yang telah kami saapabilan dibawah ini dalam bentuk obrolan atau percakapan dua orang atau lebih. Contoh kali ini terdiri dari bermacam tema dan dilema yang terdapat satu tujuan sama yaitu berbisnis memecahkan kasus dengan melaksanakan negosiasi. Adapun tema yang akan kita bahas merupakan pola teks perundingan jual beli dilanjutkan dengan pola teks tawar menawar hingga kemudian pola teks perundingan perihal pendidikan dan lain sebagainya.
Contoh teks perundingan bisnis singkat
Berikut ini merupakan pola percakapan perundingan bisnis beserta strukturnya perihal peminjaman uang ke bank yang sanggup anda baca.
Costumer bank : “Selamat pagi ibu, silahkan duduk, dengan ibu siapa? ada yang sanggup admin bantu?”
Nasabah bank :  “Selamat pagi juga mbak, Terimakasih, nama admin rita”
Costumer bank : “Iya bu rita, ada yang sanggup admin bantu?”
Nasabah bank : “jadi bebeginilah mbak, admin ingin mengajukan sebah usulan pertolongan uang untuk bisnis restoran admin yang baru”

Costumer bank : “Baik bu, sanggup admin lihat usulan ibu?”
Nasabah bank : “Ini mbak, silahkan dilihat”

Costumer bank : “Sebenarnya usulan yang ibu ejekan ini sangat bagus, admin tak menemukan kasus sedikitpun. Namun kami selaku pihak bank tak sanggup memenuhi ajakan pinjalaman dana ibu sebesar 500 juta”

Baca juga: 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru

Nasabah bank : “Lalu kira kira bank sanggup menawarkan pertolongan berapa ya mbak?”

Costumer bank : “Setelah admin hitung dengan teliti, kami menyanggupi maksimal 350 juga bu, dengan bunga 3%”
Nasabah bank : “Apakah tak sanggup ditambah mbak? Usaha ini sebenernya sukses sekali. Pesanan catering ke restoran kami juga berasal dari luar daerah”.

Nasabah bank : “Rencananya dana ini akan kami pakai untuk menambah kapasitas produksi dan pengemasan untuk memenuhi ajakan pesanan pelanggan yang makin hari makin kaya”

Costumer bank : “Baik bu, admin hitung dahulu”
Costumer bank : “Sebagaimananya maksimal kami hanya menyanggupi 400 juta bu”
Nasabah bank : “Baik mbak, admin terima 400 juta dengan bunga bank 3%”

Dari pola teks perundingan singkat diatas sanggup kita simpulakan bahwa costumer bank menawarkan salam pembuka untuk mengawali negosiasi, kemudian nasabah mulai mengajukan ajakan berupa permohonan usulan pertolongan uang. Terjadilah proses diskusi tawar menawar perihal akad pertolongan dan diakhiri dengan penutup.

Contoh teks perundingan jual beli sinkat

Dalam pola kedua kali ini kita akan membahas pola percakapan perundingan jual beli singkat. Pada dasarnya obrolan jual beli yang mempunyai kandungan unsur perundingan sanggup dengan gampang kita temukan dalam kehidupan serti pasar dikala kita hendak membeli barang dan sebagainya. Berikut merupakan pola obrolan yang sanggup anda baca.
Penjual : “Pagi mas, silahkan ingin cari apa?”
Pembeli : “Selamat pagi bu, admin ingin beli gitar yang ini, berapa ya harganya?”
Penjual : “Itu gitar ibanez original mas, harganya 2 juta mas”
Pembeli : “Boleh kurang bu harganya?” 
Penjual : “Hmmm, gimana ya mas. Mas ingin nawar berapa?”

Pembeli : “1,7 juta boleh bu?”  

Baca juga: 4 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Beserta Strukturnya (5W1H)

Penjual : “Waduh, tak sanggup mas kalo harga segitu, soalnya ini gitar original mas”

Pembeli : “Hmm, jikalau 1,75 juta boleh bu?” 
Penjual : “Harganya naikin dikit mas, 1,8 juta deh ibu lepas”

Pembeli : “Iya deh bu, 1.8 juta admin setuju. Bentar ya bu admin ambil uangnya”
Dalam pola teks perundingan jual beli tersebut kita sanggup melihat adanya tawar menawar yang menandai bahwa percakapan tersebut termasuk dalam percakapan perundingan yang menghasilkan akad bahwa gitar ibanez original dijual 1,8 juta sesudah melalui proses tawar menawar.

Contoh Teks Negosiasi Singkat Tentang Pendidikan

Dalam pola kali ini kita akan membahas pendidikan. tepatnya perundingan ini terjadi di lingkup sekolah. Isi dari obrolan perundingan ini merupakan percakapan antara ketua kelas dan wali kelas perihal rencana stury tour dan wisata. Berikut ini merupakan pola percakapan perundingan tersebut :
Wali kelas : “Andi?, bagaimana rencana kita study wisata ke hutan pinus biru? apa semua sahabat temanmu setuju?”
Ketua kelas : “Saya barusan sudah bicara dengan sahabat sahabat bu, kami oke study alam ke hutan pinus, hanya ada usulan untuk wisatanya ke pantai padawa saja bu”
Wali kelas : “Wah mengapa gitu?”
Ketua kelas : “Soalnya jikalau di hutan pinus tak ada tempat wisata yang menarik bu, yang ada hanya hutan sama rumah pohon saja”

Baca juga: Contoh Teks Ulasan Film, Novel, Buku Singkat Beserta Strukturnya

Wali kelas : “Wah namun andi, ibu sudah bilang rencana kita ini ke kepala sekolah. Dan ia juga sudah menyetujui”
Ketua kelas : “Iya bu, namun kayaknya kaya yang tak ikut bu jikalau study dan wisatanya dilakukan di hutan pinus biru”

Wali kelas : “Waduh, gimana ya? soalnya ini ibu udah mempersiapkan semuanya ndi”
Ketua kelas : “Apa bebeginilah saja bu, supaya admin sama sahabat sahabat yang lain nanti menghadap ke kepala sekolah untuk bercerita rencana kami”

Wali kelas : “Yasudah jikalau begitu, segera menghadap ia dan laporkan hasil diskusinya sama ibu”
Ketua kelas : “Baik bu terimakasih”

Dari pola teks perundingan diatas sanggup kita simpulkan bahwa terdapat permasalahan perihal memutuskan tempat tujuan study wisata yang akan dilaksanakan oleh sekolah. Terjadi proses perundingan dan tawar menawar perihal tempat tujuan wisata.

Contoh teks perundingan dalam kehidupan sehari hari

Contoh percakapan perundingan kali ini akan membahas perundingan perihal hal hal yang kerap terjadi dalam kehidupan sehari hari. Untuk pola kali ini kita akan membahas obrolan perundingan antara tukang becak dan penumpang yang berkaitan dengan proses tawar menawar.
Penumpang : “Pak, ke pasar gede berapa?”
Tukang becak : “15 ribu mbak”
Penumpang : “wahhh mahal banget pak?, nggak 10 ribu aja pak?”
Tukang becak : “Aduh 10 ribu itu kemurahan mbak, kan pasar gede jauh”

Penumpang : “Iya deh pak admin tambahin 12 ribu gimana?”
Tukang becak : “Naikin jadi 13 ribu mbak”

Penumpang : “Oke deh pak, admin oke 13 ribu ke pasar gede ya pak”

Percakapan diatas sanggup kita sebut sebagai pola teks perundingan tawar menawar antara penumpang dan tukang becak lantaran pada dialognya mempunyai kandungan percakapan yang pada dasarnya menawar tarif becak.
Pada dasarnya masih kaya sekali pola percakapan perundingan dua orang atau lebih yang sanggup kita jadikan sebagai pola teks perundingan singkat. Namun ibarat yang admin katakan sebelumnya bahwa tak semua percakapan sanggup disebuh sebagai negosiasi. Hal ini disebabkan lantaran pola teks perundingan pada umumnya mempunyai kandungan kalimat kalimat penawaran yang pada pada dasarnya mengajak tawar menawar serta musyawarah untuk menuntaskan masalah