Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia (Singkat Dan Lengkap)

Posted on

Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia (Singkat Dan Lengkap) – Biografi merupakan catatan atau daftar riwayat hidup seseorang. berbeda dengan auto biografi, biografi biasanya menterangkan riwayat hidup seorang tokoh populer inginpun orang lain

Artikel kali ini akan membahas tentang Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia secara singkat dan kompleks. dan berikut merupakan biografi Ir.Soekarno atau Bung Karno.

Biografi Soekarno

Soekarno atau dikenal dengan nama Bung Karno merupakan Presiden Republik Indonesia yang pertama pada tahun 1945, Beliau lahir di kota Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 6 Juni 1901 dan wafat di Jakarta, pada tanggal 21 Juni 1970. Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai merupakan ayah dan ibu dari Bung Karno. Beliau terdapat tiga istri semasa hidupnya dan dari ketiga istri tersebut dia dikaruniai delapan orang anak. Dari istri pertamanya Fatmawati melahirkan anak berjulukan Guntur, Megawati, Sukmawati, Rachmawati, dan Guruh. Dari istri Hartini memiliki Taufan dan Bayu, Dari istri Beliau yang berjulukan Ratna Sari Dewi (Naoko Nemoto) melahirkan seorang anak berjulukan Kartika.

Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia  Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia (Singkat Dan Lengkap)

Bung karno menghabiskan masa kecilnya bersama orang tuanya di Blitar. Setelah tamat sekolah dasar dia tinggal di kota surabaya tepatnya di rumah Hj.Oemar Said Tokroaminoto yang dikenal sebagai seorang politisi kawakan (pendiri Syarikat Agama Islam). Bung karno melanjutkan pendidikannya di Hoogere Burger School (HBS).Semasa berguru di HBS soekarno berbisnis untuk terus mengasah rasa nasionalisme nya. Setelah Soekarno lulus dari HBS pada tahun 1920, Beliau pergi ke Bandung dan melanjutkan ke akademi tinggi di Technische Hoogeschool (THS) dan berhasil meraih gelar Insinyur atau “Ir” pada tanggal 25 Mei 1926.

Baca Juga : Latar Belakang Penjajahan Belanda Di Indonesia

Diasebabkan mendirikan Partai Nasional Indunesia (PNI) yang terdapat tujuan memerdekakan Indonesia dan mengembangkan anutan marhaenisme, Belanda akibatnya memnjarakan Soekarno di Penjara Soekamiskin (Bandung) pada tanggal 29 Desember 1929. Dalam sidang yang digelar delapan bulan lalu Soekarno membuktikan kebengisan dan kemurtad’an belanda pada sidang yang diberi tajuk “Indonesia Menggugat”.

Baca Juga : Hasil Rapat Sidang PPKI I, II, III Lengkap

Belanda pun menjadi semakin jengkel sesudah mendengar pembelaan dari Soekarno dan akibatnya belanda membubarkan PNI. Tidak pantang mengalah Soekarno pun bergabung dan menjadi pemimpin dari Partindo. Belanda yang tau ihwal pergerakan Soekarno akibatnya kembali menangkap Soekarno dan mengasingkannya ke Ende, Flores, pada tahun 1933. Berselang empat tahun lalu Soekarno dipindahkan ke Bengkulu.

Baca Juga : Peristiwa Rengasdengklok, Tujuan Dan Latar Belakang

Setalah mengalami gejolak dan usaha yang memakan waktu cukup lama, Soekarno dan Hatta akibatnya memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Dalam sidang BPUPKI yang digelar pada tanggal 1 Juni 1945 itu Soekarno mengemukakan ihwal gagasan dasar negara yang kini ini disebut dengan Pancasila. Sedangkan Dalam sidang PPKI, pada tanggal 18 Agustus 1945 menghasilkan keputasan ialah Ir.Soekarno Dan Drs.Moh Hatta dipilih menjadi Presiden dan Wapres pertama Indonesia.

Baca Juga:   Peran Indonesia Dalam Gerakan Non Blok Beserta Perwujudannya

Pancasila yang dirumuskan pada sidang BPUPKI akibatnya menjadi dasar Negara (ideologi) Kesatuan Republik Indonesia. Pada awal tahun 1965 dia jatuh sakit dan Kesehatannya terus memburuk, hingga lalu pada hari Minggu, tanggal 21 Juni 1970 Beliau wafat di RSPAD. Jasad Soekarno dimakamkan di kota Blitar, Jatim di bersahabat sebelah makam ibundanya (Ida Ayu Nyoman Rai). Akhirnya pemerintah dan segenap bangsa indonesia menganugerahkan gelar sebagai “Pahlawan Proklamasi” kepada beliau.

Sekian Artikel ihwal Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia. Terimakasih