Buku Evaluasi Berorientasi Hots Tahun 2019

Posted on

Buku Penilaian Berorientasi HOTS Tahun 2019 – Halo anda websiteedukasi.com, pada postingan ini admin akan membuatkan Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang tentunya sanggup anda unduh secara gratis.

Dirjen GTK telah menerbitkan Buku Penilaian Berorientasi HOTS Tahun 2019, adapun kutipannya sebagai berikut; Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan berguru akseptor didik dan mengahsilkan lulusan yang berkualitas. Guru profesional merupakan guru yang kompeten dalam membangun dan mengembangkan proses pembelajaran yang baik dan efektif sesampai kemudian sanggup menghasilkan akseptor didik yang akil dan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut mengakibatkan kualitas pembelajaran sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah sentra inginpun pemerintah tempat dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kualitas lulusan akseptor didik.

Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan merupakan kegiatan yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2019 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).

Peningkatan kualitas akseptor didik salah satunya dilakukan melalui peningkatan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kualitas pembelajaran juga perlu diukur dengan evaluasi yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS). Sejalan dengan hal tersebut, maka diharapkan sebuah buku pegangan guru yang memperlihatkan keterampilan evaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas evaluasi yang pada alhasil akan meningkatkan kualitas lulusan akseptor didik.

Baca Juga:   Materi Kelas 3 Tema 6 Kurikulum 2013+ Revisi 2019

Dengan adanya Buku Pegangan Penilaian Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ini diharapkan sanggup menjembatani pemahaman para guru dalam hal evaluasi pembelajaran lebih baik lagi sesampai kemudian mereka sanggup meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.

Buku pegangan Penilaian Berorientasi HOTS 2019 ini dikembangkan dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Memberikan contoh kepada guru dalam mengembangkan evaluasi berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
  2. Memberikan contoh kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru dalam melakukan evaluasi berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
  3. Memberikan contoh pada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial terhadap pelaksanaan evaluasi berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.

Sasaran penggunaan buku Penilaian Berorientasi HOTS 2019 merupakan sebagai berikut:

  1. Guru Jenjang SD (SD), SMP (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mata pelajaran adaptif dan normatif.
  2. Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Produktif, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) serta Pendidikan Luar Biasa (PLB).
  3. Kepala Sekolah /Madrasah.
  4. Pengawas Sekolah /Madrasah.

Sekompleksnya, bagi bapak/ ibu guru yang belum terdapat Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi sanggup mengunduhnya melalui tauatn link yang admin sematkan di bawah ini;

Buku Penilaian Berorientasi HOTS 2019.pdf, Unduh

Demikian Buku Pegangan Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) Tahun 2019 yang sanggup admin bagikan, supaya bermanfaat.