Cara Memilih Jenis Grafik Yang Sesuai Dengan Data

Posted on
Seorang sobat bertanya kepada admin mengapa grafik yang ia buat memakai MS Excel tak sesuai dengan bentuk yang diharapkan. Setelah diperiksa, ternyata ia mengunakan jenis grafik yang salah sesampai kemudian grafik yang ditampilkan berbeda dengan model yang sudah ia rencanakan. Hal ini jelas menunjukkan bahwa  menentukan jenis grafik yang sesuai dengan data yang kita miliki sangatlah penting.

Agar info yang ingin disampaikan sanggup difahami dengan gampang tentu harus dipakai jenis grafik yang tepat. Sebagai contoh, dikala kita hendak melihat persentase dari suatu kumpulan data, maka jenis grafik yang sempurna merupakan pie chart alasannya ialah menunjukkan dengan jelas luasan tempat atau juring untuk masing-masing kategori. 

Menentukan Jenis Grafik Berdasarkan Tujuan

Pada dasarnya, tujuan kita mengubah data menjadi grafik merupakan untuk melihat sedikit hal dari data-data tersebut. Berikut lima hal yang paling kerap menjadi tujuan dari pembuatan grafik yaitu :

Hubungan
Pada poin ini, tujuan dari pembuatan grafik merupakan untuk menunjukkan kekerabatan atau kekerabatan antara dua variabel atau lebih melalui data yang disaapabilan. Untuk tujuan ini, maka jenis grafik yang cocok merupakan scatter chart dan line chart. Biasanya yang dipakai merupakan scatter plot atau bubble chart.

Perbandingan

Jika tujuan pembuatan grafik merupakan untuk membandingkan satu set data dengan data yang lain. Perbandingan menetapkan satu set variabel terpisah dari yang lain, dan menampilkan bagaimana dua variabel berinteraksi. untuk tujuan ini, maka jenis grafik yang sanggup dipakai merupakan Bar charts, Column Charts, Scatter Charts, Pie Charts, dan Line Charts.

Komposisi

Jika kita mencoba untuk mengumpulkan bermacam jenis info yang membentuk keseluruhan dan menampilkan mereka bersama-sama, maka jenis grafik yang sanggup kita gunakan merupakan combo charts. Kita sanggup mengkombinasikan dua jenis grafik dan yang umum dikombinasikan merupakan Scatter charts dan Column charts.
Distribusi
Grafik distribusi mencoba untuk menampilkan kumpulan info terkait atau tak terkait untuk melihat apakah ada interaksi antara variabel. Tujuan kita merupakan untuk menunjukkan distribusi dari serangkaian nilai. Jenis grafik yang sanggup kita gunakan merupakan Column Charts, Scatter Plots, Line charts dan Box Plots.

Tren dari waktu ke waktu
Untuk menunjukkan tren dari waktu ke waktu menurut sedikit variabel, maka jenis grafik yang sanggup kita gunakan merupakan Column charts dan Line charts.