Cara Menjaga Lukisan Pensil Supaya Tetap Awet

Posted on
Salah satu tantangan yang akan kita hadapi ketika menghasilkan suatu lukisan atau gambar dengan pensil merupakan menjaga karya tersebut semoga tetap awet. Sebagaimana yang kita tahu penggunaan kertas sebagai medium merupakan pilihan yang cukup beresiko. Karakter kertas yang praktis rusak dan robek tentu menuntut kita harus ekstra hati-hati dalam menggunakannya. Tidaka hanya dalam proses menggambar, sehabis jadipun kita harus tetap hati-hati. Jika anda merupakan orang yang gemar menggambar atau menghasilkan lukisan pensil tentu anda berharap hasil kerja keras anda sanggup dinikmati dalam waktu yang usang dan tak hancur begitu saja. Terlebih apabila karya yang anda hasilkan menyimpan memori tertentu yang tak ingin anda lupakan. Anda cukup pernah merasa sangat jengkel ketika mendapati teman anda melihat-lihat karya anda tanpa perasaan dan membolak-balik karya anda seenaknya. Padahal, anda telah menghabiskan kaya waktu untuk menghasilkan karya tersebut.
Ada sedikit faktor yang menimbulkan karya lukisan pensil tak sanggup bertahan lama, terlebih apabila karya tersebut tak disimpan dalam bingkai kaca. Faktor tersebut sanggup berupa paparan sinar matahari, kelembapan, debu, binatang, atau bahkan manusia.

Lukisan pensil yang terkena sinar matahari secara terus menerus, lama-kelamaan akan memudar. Kandungan air atau kelembapan yang tak sesuai sanggup menimbulkan kertas lukis rusak. Debu yang betebangan di udara dan melekat pada karya lukisan juga sanggup menimbulkan lukisan menjadi kusam.

Karena tak semua orang begitu memperdulikan karya seni maka anda sendirilah yang harus mengupayakan keawetan karya anda. Berikut sedikit cara yang sanggup anda lakukan untuk menjaga keawetan lukisan pensil :

Gunakan Fixative

Fixative merupakan materi yang dipakai untuk mengawetkan karya lukisan. Bahan ini juga sanggup anda terapkan pada lukisan pensil. Fixative dijual di pasaran dengan bermacam merek dan harga berkisar dari lima puluhan ribu hingga kemudian ratusan ribu. Bahan ini dijual dalam bentuk kaleng spray.

Baca Juga:   Kumpulan Soal Perkembangan Seni Musik Dan Jenis-Jenis Musik

Alternatif lain selain fixative merupakan clear pilox. Clear pilox relatif lebih murah dan terdapat fungsi yang sama menyerupai fixative hanya saja lebih berbau ketika disemprotkan.

Penggunaan fixative sanggup membuat warna lukisan anda menjadi lebih kontras. Selain itu, fixative juga sanggup mengurangi efek pantulan cahaya (glare) yang dihasilkan oleh grafit pensil sesampai kemudian karya anda akan lebih praktis dinikmati. Fixative juga membuat kertas menjadi lebih kaku dan tak praktis kusut.

Cara memakai fixative :

  1. Bersihkan lukisan anda dari abu atau kotoran lain.
  2. Kocok botol fixative dan periksalah terlebih dahulu bahwa penyemprot berfungsi dengan baik. Jika semprotan tersendat, maka akan timbul gumpalan pada kertas. Oleh alasannya itu pastikan nozzle tak buntuh.
  3. Semprotkan fixative pada permukaan lukisan anda dari jarak 30 cm secara merata dan tipis. Taksirlah semoga lukisan anda tak terlalu berair semoga kertas tak kisut atau keriting.
  4. Setelah semprotan yang tipis telah kering, semprot kembali secara merata.
  5. Tunggu hingga kemudian mengering.

Letakkan lukisan di daerah yang benar

Simpanlah lukisan di daerah yang kondusif. Jauhkan lukisan dari paparan sinar matahari yang berlebih. Letakkan pada daerah yang kering dan tak lembab. Tentu saja, jauhkan dari kecukupan percikan air yang sanggup menimbulkan lukisan anda luntur dan rusak.

 Salah satu tantangan yang akan kita hadapi ketika menghasilkan suatu lukisan atau gambar  CARA MENJAGA LUKISAN PENSIL AGAR TETAP AWET
Source : dokumen pribadi

Gunakan bingkai kaca

Jika anda memutuskan untuk membingkai lukisan anda, gunakanlah epilog kaca. Jangan gunakan epilog plastik alasannya serbuk pensil akan cenderung melekat pada plastik sesampai kemudian sanggup menjadikan kerusakan pada lukisan anda. Jika anda tak berniat untuk membingkaikan karya anda, maka sebaiknya anda tak menggulungya alasannya hal itu rentan menjadikan kerusakan.

Jaga kebersihan tangan
Langkah terakhir yang harus anda lakukan tentulah menjaga kebersihan tangan anda. Pastikan tangan anda higienis dan kering ketika menyentuh lukisan. Selain itu, anda juga harus hati-hati dalam memegang karya anda alasannya menyerupai yang dibahas di atas, kertas sangat praktis rusak di tangan manusia.