Contoh Cerpen Singkat Perihal Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur Dan Tema)

Posted on

pengertian, ciri-ciri, struktur, unsur dan nilai cerpen maka kali ini kita akan menyimak sebuah teladan cerpen yang bertemakan persobatan. Jika dikaji lebih dalam lagi perlu diingat bahwa cerpen merupakan kependekan dari kisah pendek, dan merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa indonesia disamping teks deskripsi, narasi dan lain sebagainya.

Sebenarnya teladan cerpen singkat terdapat kaya sekali jenisnya, diantaranya merupakan cerpen singkat wacana persobatan, cerpen singkat wacana pendidikan, cerpen singkat romantis dan lain sebagainya. Berbagai jenis cerpen singkat tersebut sanggup dengan gampang kita temukan dalam media baik media online inginpun offline. Namun dari bermacam teladan cerpen tersebut cerpen singkat persobatan merupakan kisah yang paling kaya diminati.

Cerpen wacana persobatan kali ini diambil dari acuan sebuah buku semi novel yang terdapat judul hampir sama yakni cerpen persobatan yang admin baca ketika lagi mengunjungi gramedia. Cerpen wacana persobatan sendiri terdapat keunikan dan ciri khas tersendiri dari cerpen jenis lain alasannya yaitu didalam cerpen persobatan terdapat unsur intrinsik yang terdapat nilai-nilai yang mengajarkan kita untuk menghargai arti sebuah persobatan dan pertemanan. persobatan yang erat dan menempel pada sedikit orang tentunya sanggup dibukukan menjadi sebuah teladan cerpen singkat ini.

Jika kita amati bermacam teladan cerpen singkat yang telah kita baca, maka kita akan menemukan baik unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik cerpen tersebut. Unsur intrinsik cerpen wacana persobatan sendiri sanggup dibagi menjadi sedikit belahan yakni: tema, tokoh, latar, alur dan lain sebagainya yag akan kita bahas sehabis membaca cerpen persobatan dibawah ini.

Contoh Cerpen Singkat Tentang Persobatan

Contoh Cerpen Singkat Tentang Persobatan  Contoh Cerpen Singkat Tentang Persobatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)

Mari kita ingat kembali informasi yang kita sanggup pada artikel sebelumnya yang berjudul Teks Cerpen (pengertian, Ciri, Struktur, Unsur, Dan Nilai). Bahwa cerpen atau kisah pendek merupakan bentuk karangan teks yang terdapat jumlah kata dibawah 10.000 kata yang menceritakan kisah hidup insan menurut karangan fiksi inginpun legenda. Untuk lebih memahaminya, maka bacalah teladan cerpen singkat beserta unsur intrinsiknya wacana persobatan kompleks dengan pembahasan, Alur, Struktur dan Tema dibawah ini.

Baca Juga : Jenis, Pengertian Dan Struktur Teks Dala Bahasa Indonesia

Untuk mengidentifikasi unsur intrinsik teladan cerpen singkat wacana persobatan, terlebih dahulu kita harus menyimak dan memperhatikan informasi terkait cerpen persobatan itu sendiri.


Betapa menyenangkannya menjadi orang kaya. Hidup serba berkecukupan. Apapun yang diinginkan akan terpenuhi. Karena semua sudah tersedia. Sebagaimana halnya Tiyas. Seorang anak orang kaya yang menjadi kaya sorotan, Berangkan dan pulang selalu diantar oleh supir pribadi dan kendaraan beroda empat mewahnya.

Meskipun bergelimang harta tiyas taklah menyombongkan diri. Tidak kalah dengan Tiyas, Orang bau tanah Tiyas juga merupakan orang yang baik dan ramah, Tidak berpatokan pada harta dalam bergaul dan tak membeda-bedakan orang disekelilingnya. Kawan-kawan Tiyas sangat suka dan betah berlama-lama di rumah Tiyas alasannya yaitu mereka selalu disambut ramah dan diperlakukan ibarat keluarga sendiri oleh keluarga Tiyas.

Baca Juga : Sruktur Teks Cerpen Lengkap

Tiyas terdapat seorang sobat yang sangat setia menemaninya dalam menghadapi lika liku kehidupan. Tidak jauh dari rumahnya Dwi sobat tiyas tinggal di kampung bersahabat rumah Tiyas, hanya saja dipisahkan oleh RT saja. Namun sudah hampir dua ahad Dwi tak mengunjungi Tiyas di rumahnya. “Hmmm Dwi kemana ya mah, Biasanya hampir setiap hari Dwi main kesini. Tapi ini sudah hampir lewat dua ahad Dwi tak tiba lagi.” Ujar Tiyas. “Mungkin Dwi lagi sakit!” jawab Mama Tiyas. “Ih, iya juga ya mah, siapa tahu memang Dwi lagi sakit. Kalo begitu nanti sore Tiyas ingin menengoknya” katanya  dengan penuh semangat.

Sudah lima kali Tiyas mengetuk pintu rumah Dwi. Karena menunggu usang tak kunjung dibuka hasilnya Tiyas memberanikan diri untuk bertanya kepada tetangga wacana menghilangnya Dwi. Benar saja, Ternyata sudah dua ahad Dwi ikut orang tuanya pulang ke desa. Sebab ayahnya habis kena PHK. Akhirnya keluarga Dwi tetapkan untuk kembali ke desa dan menentukan menjadi petani.
“Oh, kasihan sekali Dwi,” ungkapnya didalam hati,
Di rumahnya, Tyas tampak terdiam sambil memikirkan nasib sobat setianya itu.
“Ada apa Yas? Kok kau nggak ibarat biasanya, malah tampak lesu dan kurang semangat.” Papa bertanya sambil menegur.
“Dwi, Pa.” Jawab Tiyas
“Memangnya ada apa dengan Dwi sesampai kemudian menciptakanmu muram, Apa ia lagi sakit?” Tyas menggeleng kepada ayah.
“Lantas mengapa?” Papa menjadi penasaran.
“Sekarang Dwi sudah pindah rumah. Kata tetangga sebelah rumahnya Dwi ikut orang tuanya pulang ke desa. Kabarnya bapaknya habis di PHK dan menentukan untuk menjadi petani”.
Sambil menatap Tiyas papa termenung memikirkan ucapan tiyas dengan rasa setengah tak percaya.
“Kalau Papa tak pribadi percaya, Coba tanya deh, sama Pak RT atau ke tetangga lain” ujarnya.
“Lalu apa rencana kamu?”
“Aku harap Papa sanggup menolong Dwi!”
“Maksudmu?”

Baca Juga : Contoh Cerpen Sedih Dan Romantis Tentang Cinta

“Aku pengen Dwi sanggup disini lagi” Tyas  memohon dengan agak mendesak.
“Baik jikalau itu sanggup biki kau seneng. Tapi, kau harus sanggup mencari alamat rumah Dwi yang di desa” kata Papa.

Baca Juga:   Cara Gampang Membedakan Homofon, Homograf, Dan Homonim
Contoh Cerpen Singkat Tentang Persobatan  Contoh Cerpen Singkat Tentang Persobatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)
Ilustrasi rumah dalam teladan cerpen singkat persobatan

Berkat derma pemilik kontrakan bekas rumah Dwi hasilnya tiga hari kemudian Tiyas berhasil memperoleh alamat rumah Dwi yang berada di desa. Ia merasa sangat senang. Kemudian Papa bersama dengan Tiyas tiba ke rumah Dwi di sebuah desa terpencil dan lokasi rumahnya masih masuk ke dalam lagi. Bisa di tempuh dengan jalan kaki dua kilometer. Kedatangan kami disambut orang bau tanah Dwi dan Dwi sendiri. Betapa baik hati Dwi ketika bertemu dengan Tiyas. Mereka berpelukan cukup usang untuk melepas rasa rindu. pada awalnya Dwi sangat kaget dengan kedatangan Tiyas secara tiba-tiba.
“Maaf ya Yas. Aku tak sempat memberi kabar ke kau kalo saya ingin pindah”
“Ah, tak apa-apa. Yang penting saya sudah ketemu kau dan merasa senang.”
Setelah berbincang cukup lama, Papa menterangkan tujuan kedatangan mereka kepada orang bau tanah Dwi. Ternyata orang bau tanah Dwi tak keberatan, mereka menyerahkan segala keputusan kepada Dwi sendiri.
“Bebeginilah, Wik, kedatangan kami kemari, ingin mengajak kau untuk ikut kami ke Surabaya. Kami menganggap kau itu sudah ibarat keluarga kami sendiri. Gimana Wi, apakah kau bersedia ikut?” Tanya Papa.
“Soal sekolahmu,” lanjut Papa, “kamu nggak usah khawatir. Sseluruh biaya pendidikanmu agar papa yang menanggung.”
“Baiklah jikalau memang Bapak dan Tiyas menghendaki admin ikut, admin ingin pak. Saya juga mengucapkan kaya terima kasih atas kebaikan Bapak yang ingin membantu admin dan keluarga admin.”
Kemudian Tiyas berdiri dari kawasan duduk kemudian mendekat memeluk Dwi. Tampak mata Tyas berkaca beling tak berpengaruh menahan kebahagiaan. Kini Dwi tinggal di rumah Tiyas. Sementara orang tuanya tetap tinggal di desa. Selain untuk mengerjakan sawah, mereka juga merawat nenek Dwi yang sudah semakin tua.

Dari teladan cerpen singkat wacana persobatan ini sanggup kita ambil nasihat bahwa kita harus mensyukuri nikmat yang telah kita miliki dan selalu merasa berkecukupan ibarat halnya Dwi yang selalu bersyukur sekalipun hidup serba kekurangan. Cerpen singkat tema sobat ini juga mengajarkan pada kita untuk menjunjung tinggi nilai solidaritas anatar sesama, dan menghargai sebuah nilai persobatan yang terjalin.

Unsur Instrinsik Cerpen Singkat Persobatan

Setelah kita membaca teladan cerpen wacana persobatan diatas, kita sanggup menyimpulan unsur intrinsiknya yang terdiri dari:
  1. Tema : Persobatan.
  2. Tokoh : Tiyas, Papa Tiyas, Mama Tyas dan Dwi.
  3. Watak :Tiyas Suka Menolong, Dwi tak suka membebani orang lain, Papa Tiyas Baik hati dan ramah, Mama Tiyas : Peduli.
  4. Alur : Maju.
  5. Latar :Tempat – Rumah Tiyas, Rumah Dwi.
  6. Waktu : Siang Hari.
  7. Suasana : Mengharukan.
  8. Sudut pandang : Orang Pertama.
  9. Amanat : Sebagai makluk ilahi kita harus saling tolong menolong Dan Berbagi kepada sesama.
Baca Juga:   4 Referensi Cerpen Singkat Dan Unsur Intrinsiknya

Contoh Cerpen Singkat Persobatan

Selamat Tinggal, Engkau Sahabatku

Mentari telah menampakkan sinarnya yang hangat, menerangi tiga sobat bersahabat yang tengah berkumpul disebuah rumah terbuat dari kayu. Angin berhembus semilir lembut, menerpa daun daunan pohon dengan ukuran besar yang menari mengikuti arah berhembusnya angin. Ketiga sobat tersebut merupakan karina, helena, delia.

Dalam teladan cerpen singkat wacana persobatan paragraf pertama kita sanggup melihat struktur teks yakni abnormal cerpen. Abstrak sendiri berkenaan dengan pengenalan awal suatu cerpen

Sebagai sobat mereka selalu berkumpul bermain bersama sama dalam rumah kayu tersebut. Bersedagurau, tertawa dan bembira bersama, menikmati indahnya bunga bunga yang tengah berbaris nan rapi dilihat dari atas pohon. Rumah yang saati ini berdiri kokoh diatas pohon tersebut dinamakan rumah pohon persobatan yang melambangkan persobatan ketiga orang tersebut.
Karina merupakan sosok perempuan yang sangat energic dan semangat dalam pembelajaran fisika, kimia inginpun sesuatu yang berafiliasi dengan sains. selain itu ia sangat suka bersedagurau dan bercanda layaknya perempuan pada umumnya. Namun sifat manja yang ia miliki menjadi sebuah kelemahan yang belum bisa ia kuasai.
Helena sendiri merupakan perempuan yang cerewet, suka berdiam diri dan terdapat hobi mendengarkan musik jass memakai telepon genggam yang selalu ia bawa kemapun ia pergi. Meskipun terlihat sebagai perempuan yang suka menyepelekan sesuatu, namun ia sangat alhi dalam bidang sejarah dan handal dalam bernyanyi inginpun memainkan musik.

Pada paragraf 2, 3 dan 4 teladan cerpen singkat persobatan kita akan menemukan orientasi yang memuat pengenalan tokoh dalam cerpen persobatan ini

Dan yang terakhir ialah Delia, ia merupakan perempuan yang gemar terdapat rambut panjang yang teramat sangat baik. Ia suka menolong sobat sobatnya. Dia sangat pintar dalam pelajaran biologi inginpun matematika. Tidak heran apabila ia selalu mendapat predikat terbaik di kelasnya. Karena tak pernah mendapat nilai rendah, ia selalu menjadi idola di sekolahannya.
Di suatu pagi, karina terbangun dengan wajah yang lemas lesu. Matanya masih buram dengan wajah berkunang kunang yang menciptakannya enggan berdiri. Namun ia harus tetap bangun alasannya yaitu jam dinding telah mengatakan pukul 07.00. Selain itu hari ini merupakan hari pertama karina memasuki ruang kelas delapan. Maka diapun berbisnis bangun untuk bersiap siap menuju ke sekolah.

Pada pragraf ini kita akan menemukan awal mula duduk perkara atau komplikasi pada teladan cerpen singkat persobatan. Komplikasi dimulai ketika Delia menyembunyikan dan mengabaikan sakitnya

“Teng Tong”. Lonceng sekolahan berbunyi menunjukan sekolah telah memasuki jam petama membuat helena yang lagi mendengarkan musik terganggu. Suara lonceng itu menggema masuk dalam pendengaran helena. Sedangkan Delia dengan senyumnya yang khas nan manis mengambil buku buku dari tas coklat yang ia bawa. Namun perasaan tak lezat lagi ia rasakan, entah mengapa kepalanya mendadak sakit namun ia berbisnis untuk tetap menahannya. Dan anehnya Delia selalu menoleh kanan kiri kolam mencari sesuatu yang hilang.
Helena yang ingin tau hasilnya bertanya sambil berbisik, “Del, kau mengapa?” Delia yang berbalik menjawab “Apa kau melihat karina? Rasanya dari gres saja saya tak melihatnya” Helena menggeleng menunjukan ia tak tau keberadaan karina. Tiba tiba saja, seorang guru perempuan berambut panjang berkilau tiba ibarat model iklan shampoo dan menyapa kelas “Selamat pagi anak anak” sapa bu mala dengan bunyi lantang.
Ibu mala kemudian berbalik ke meja dan nampak tengah mencari sesuatu diantara tumpukan kertas yang sepertinya sengaja disupayakan terbengkalai dan berantakan. Tiba tiba pintu mulai terbuka secara misteris, dari pintu itu munculah bayang bayang. Dan ketika dilihat ternyata itu merupakan karina. Karina yang nampak kaget melihat bu mala sudah hadir secara perlahan masuk kedalam kelas tanpa menjadikan bunyi sedikitpun.
Delia yang tak berpengaruh menahan tertawa melihat ekspresi karina yang nampak lucu didepan kelas. Delia dan Helena melihat karina berlari diantara dua barisan dingklik coklat yang ditata dengan teramat sangat rapi hingga kemudian kahirnya karina lega telah duduk disamping Delia.

Dalam teladan cerpen singkat persobatan ini ditutup dengan resolusi yakni delia ternyata sakit tumor dan tengah dirawat di rumah

Setelah jam pelajaran selesai, hasilnya ketiga sobat itu pergi ke rumah pohon kawasan mereka berkumpul setiap harinya. Pada ketika itu sakit kepala delia kembali kambuh, namun ibarat biasanya Delia tetap merahasiakan rasa sakitnya.
Hingga pada suatu hari ketika kedua sobatnya Karina dan Helena dirumah pohon menunggu kedatangan Delia untuk mengerjakan pekerjaan rumah, Namun Delia yang dinantikan tak kunjung hadir. Sudah lima hari Delia tak terlihat di kelas inginpun di rumah pohon persobatan. Hingga di hari keenam alasannya yaitu merasa ingin tau Helena dan Karena tiba kerumah Delia untuk menanyakan kabarnya.

Contoh cerpen singkat persobatan ini juga memuat bermacam unsur intrinsik, selain itu kita juga sanggup menganalisa struktur cerpen itu sendiri

“Tok Tok” Suara karina mengetok pintu rumah Delia. Dalam hati karina bertanya “Kenapa ya kaya sekali kursi kursi berjajar dirumah Delia, apakah dirumahnya lagi ada program selametan. Tapi mengapa ia tak mengundang saya dan Helena?”
Ibu Delia hasilnya membuka pintu dan menjawab pertanyaan Karina. Alangkah terkejutnya karina mendengar delia masuk rumah sakit alasannya yaitu terkena tumor otak. Ternyata selama ini delia telah menyembunyikan penyakitnya dari sahabat temannya.

Baca Juga:   Bagian Bab Surat Langsung Beserta Klarifikasi Lengkap

Delia yang telah terkena penyakit memenonaktifkan tersebut berada dirumah sakit dan tengah menunggu operasi. Sontak info ini membuat sobat sobatnya menjadi tak percaya. delia yang terlihat selalu riang itu tak pernah berbicara dan menyinggung penyakitnya. Akhirnya karina, dan helena memberanikan diri untuk menanyakan nasib sahatanya. Ibu delia mejawab dengan penuh rasa murung bahwa delia telah meninggal. Ia mengambil sepucuk surat “Ini nak, delia titip ini buat temen temennya”. Ibu bergegas masuk untuk menyembunyikan kesedihannya.

Dalam surat tersebut bertuliskan “Untuk sobat sobatku, maaf selama ini saya menyembunyikan kebenaran akan diriku. Aku sudah berjuang semampuku. Tapi ini merupakan batasnya, ini merupakan kehendak yang maha kuasa. Sebagai insan kita hanya sanggup pasrah dan tawakan sehabis berjuang. Meskipun ini tamat dari perjuanganku, saya berharap akan menjadi awal usaha sobat semua yang baru. Jaga terus tali persobatan kita, jangan pernah lupakan saya untuk selamanya” Tulisan tangan delia tersebut sontak membuat karina dan helena menangis histeris. Mata karina terasa buram dan berkunang kunang. Dan seketika bruk, karina jatuh pingsan dan helena tak berpengaruh menahan rasa kaget hasilnya juga ikut tersungkur ke tanah sambil menangis.

Pada dasarnya teladan cerpen wacana persobatan sanggup kita temukan dalam bermacam media, ibarat yang admin terangkan sebelumnya. Selain mencari acuan teladan cerpen singkat persobatan, kita sanggup membuat teladan cerpen persobatan sendiri menurut pengalaman pribadi dengan sobat kita.
Itulah contoh cerpen wacana persobatan yang sanggup kita baca dan patut untuk kita contoh. persobatan merupakan hal yang indah apabila kita sanggup saling enghargai dan terdapat rasa perduli dengan sobat kita. Terimakasih.