Ini Yang Harus Anda Siapkan Bila Kuliah Ke Luar Kota

Posted on
Kuliah di luar kota terutama kota besar masih menjadi pilihan utama kaya orang. Selain lantaran mengejar status PTN, faktor kualitas menjadi alasan utama pilihan tersebut. Memang secara umum perguruan tinggi tinggi di kota besar terdapat sarana dan prasarana yang lebih unggul. Meski demikian anda tak harus pergi ke luar kota apabila memang di kabupaten anda ada universitas yang sanggup anda andalkan. Jika anda tetapkan untuk kuliah di luar kota, maka ada sedikit hal yang harus anda perhatikan biar kehidupan anda berjalan dengan baik.

Ketika nama kita terdaftar sebagai salah satu calon mahasiswa di sebuah universitas di sebuah kota besar, maka umumnya kita akan merasa sangat bahagia apalagi universitas tersebut merupakan universitas negeri dan kita telah melewati pejuangan yang berat untuk meraihnya. Di samping euporia tersebut, maka kesibukan akan mulai mengikuti kita. Akan ada kaya hal yang harus kita urus dan adakalanya hal itu membuat kita merasa kuwalahan. Oleh lantaran itu, sangat penting untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus kita persiapkan sebelum berangkat ke luar kota untuk melanjutkan pendidikan.
  1. Persiapkan Dana Yang Cukup

    Karena anda akan tinggal di tempat yang jauh dari orangtua, maka anda perlu mempersiapkan dana (walaupun secara teknis itu urusan orangtua). Memang, adakalanya orangtua jauh lebih berpengalaman wacana hidup di luar kota namun kadangkala orangtua justru tak tahu bagaimana kehidupan di kota lantaran memang tak pernah tinggal di kota, sesampai kemudian mereka tak tahu berapa kisaran biaya hidup di sana.

    Untuk itu ada baiknya anda sebagai calon mahasiswa pintar-pintarlah mencari isu seputar biaya hidup secara umum di kota tujuan anda. Tanyalah family, teman, pacar, atau siapapun yang sanggup memperlihatkan anda informasi. Diskusikan apa yang anda tahu dengan orangtua biar orangtua juga sanggup mempersiapkan dana untuk anda. 

  2. Mencari Tempat Tinggal

    Hal berikutnya yang harus anda persiapkan merupakan mencari tempat tinggal ataupun kos-kosan. Putuskanlah dimana anda akan tinggal, apakah tinggal bersama saudara atau tinggal di kos. Diskusikan itu secepatnya dengan orangtua anda. Jangan berfikir bahwa anda akan mencari tempat tinggal dikala acara perkuliahan dimulai. Carilah begitu anda tahu bahwa anda lulus lantaran di tahun fatwa gres akan begitu kaya mahasiswa perantauan yang mencari kos sesampai kemudian apabila anda tak cepat, maka akan sulit mendapat tempat yang ideal (yang bersahabat dengan kampus).

    Jika anda punya saudara atau abang yang sudah lebih dahulu berkuliah di sana, maka mintalah mereka untuk mencarikan tempat tinggal terlebih dahulu sesampai kemudian ketika anda berangkat ke luar kota, anda sudah punya tujuan dan tempat tinggal. Kalaupun tak ada, bisniskanlah biar orangtua anda atau orang yang sanggup membantu anda ikut mengantar anda ke luar kota biar anda punya sahabat mencari tempat tinggal. Kalaupun anda harus berangkat sendirian lantaran alasan tertentu, maka berhati-hatilah. Pintar-pintarlah mengikuti keadaan dengan kehidupan kota.

  3. Kemas Perkompleksan Sesuai Kebutuhan

    Sebelum pergi tentu anda harus menyiapkan perkompleksan apa saja yang akan anda bawa. Kemaslah barang anda sesuai kebutuhan. Bawa perkompleksan yang memang anda butuhkan. Anda tak perlu membawa semua barng keadminngan anda hingga kemudian anda terlihat menyerupai keluarga yang ingin pindahan. Percayalah, semakin mudah bawaan anda maka semakin gampang anda dalam perjalanan. Umumnya mahasiswa gres mengemas perkompleksan mereka dalam sebuah koper ukuran lagi dan sebuah tas yang mereka sandang. Hanya itu! Lagipula, seiring dengan bertambahnya waktu, barang-barang di kamar anda akan menumpuk dengan sendirinya tanpa anda sadari.

    Sangat penting menyesuaikan lingkungan kota tujuan anda dengan perkompleksan yang akan anda bawa. Jika kota tujuan anda cenderung hambar di malam hari maka persiapkanlah selimut tebal ataupun baju hangat. Jika memang kebutuhan anda sanggup anda bawa dari rumah, bawalah sesampai kemudian anda tak perlu mengeluarkan uang lebih hanya untuk membeli barang tertentu yang bergotong-royong sudah anda miliki. Percayalah, masih ada kaya hal yang akan menguras isi dompet anda.

  4. Siapkan Dokumen Penting

    Ini merupakan hal penting yang harus anda persiapkan. Ketika anda pergi ke luar kota, pastikan semua dokumen penting menyerupai ijazah atau surat keterangan lulus, rapor, kartu identitas, akte kelahiran, kartu keluarga, dan sebagainya yang akan anda butuhkan dikala pendaftaran ulang di universitas sudah anda siapkan. Jangan hingga anda menjadi panik hanya lantaran salah satu syarat pendaftaran ternyata tertinggal di rumah. Untuk itu, bacalah dengan seksama daftar berkas yang harus anda bawa sebagai perkompleksan registrasi.
  5. Adaptasi Dengan Lingkungan

    Memang anda niscaya dan harus sanggup mengikuti keadaan sesudah anda tiba di kota tujuan anda. Tenamun anda juga harus mengikuti keadaan begitu anda turun dari bus, kereta api, atau pesawat terbang. Ada begitu kaya kejahatan dan bentuk kriminalitas yang akan mengincar anda khususnya mahasiswa gres yang berasal dari luar kota (daerah).

    Sedari awal, ingatkanlah diri anda untuk tak terlalu ramah dengan orang yang tak anda kenal dan jangan terlalu lelap di perjalanan lantaran di dalam kendaraanpun kejahatan mengincar anda. Pastikan tas anda yang berisi barang penting tetap kondusif di tangan anda. Jangan supayakan orang lain merabah dan mengambilnya hanya lantaran anda terlalu pulas tidur.

    Ketika anda hingga di kota tujuan, maka waspmerupakan terhadap penipuan yang kerapkali terjadi. Berikut sedikit motif penipuan dan kejahatan yang harus anda waspadai :

    1. Merampas tas anda dari tangan anda dikala akan menyeberang atau menunggu kendaraan. Biasanya pelaku memakai sepeda motor dengan kecepatan tinggi sesampai kemudian anda tak akan sanggup berbuat apa-apa.
    2. Menanyakan tujuan anda atau menanyakan waktu kemudian menjatuhkan sebuah dompet berisi komplemen imitasi. Pelaku akan bertingkah seakan-akan ia menemukan dompet itu kemudan berniat membaginya dengan anda. Pelaku kemudian berdalih biar anda memperlihatkan uang anda terlebih dahulu dan menyerahkan dompet itu biar anda sanggup menukarkannya ke toko perhiasan. Uang anda raib, komplemen imitasi tak sanggup menghibur anda.
    3. Berpura-pura menjadi pengemis atau orang yang tersesat dan kehilangan duit. Pelaku akan terlihat menyerupai orang yang tak makan sedikit hari dan anda niscaya kasihan melihatnya apabila anda tak tahu logika bulusnya. Oleh lantaran itu pintar-pintarlah melihat situasi. 
    4. Mendatangi anda dan mengajak anda berbicara biar pelaku sanggup mensugesti anda. Oleh lantaran itu sedapat cukup jauhi orang-orang yang tak anda kenal apalagi gerak-geriknya mencurigakan. 
    Masih ada kaya motif kejahatan yang mengincar anda para mahasiswa baru. Oleh lantaran itu berhati-hatilah. Ketika anda tiba di kota tujuan, bersikaplah natural, jangan tunjukkan wajah lugu anda lantaran lugu itu masih satu ayah dengan kurang bakir dan jenis itu menjadi target empuk pelaku kejahatan. Waspmerupakan! Waspmerupakan!
  6. Persiapkan Mental dan Pertahanan Diri

    Hal terakhir yang tak kalah penting dan paling utama merupakan siapkan mental dan pertahanan anda. Ketahuilah bahwa hidup di kota besar begitu kaya godaan yang akan menghampiri anda. Gaya hidup dan pergaulan bebas di sekitar anda sanggup saja berdampak jelek bagi anda apabila anda tak punya pertahanan yang kuat. Intinya, pintar-pintarlah menjalani kehidupan anda sebagai mahasiswa. Jalani secara bijak dan tetap ingat orangtua di rumah untuk menyadarkan tujuan anda.
Baca Juga:   Tes Kepribadian: Bagaimana Tipe Belajarmu Sebenarnya?