Jenis-Jenis Karbohidrat, Sumber, Dan Fungsinya

Posted on
Karbohidrat atau hidrat arang merupakan suatu senyawa yang terdiri dari unsur karbon, hidrogen, dan oksigen. Rumus molekul karbohidrat merupakan Cn(H2O)n. Zat Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Jika kebutuhan akan karbohidrat tak terpenuhi, maka fungsi karbohidrat akan diambil alih oleh protein yang mengakibatkan kinerja protein menjadi kurang optimal. Karbohidrat tersedia dalam jumlah yang melimpah di muka bumi. Zat karbohidrat merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh. Dewasa ini kaya orang yang menghindari makan yang mempunyai kandungan karbohidrat demi alasan kesehatan. Tentu saja alasannya yaitu tak semua jenis karbohidrat baik dikonsumsi apalagi dalam jumlah yang berlebihan.

Berdasarkan panjang rantai karbonnya, karbohidrat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu :
  1. Monosakarida
    Monosakarida merupakan karbohidrat mudah yang tak sanggup dihidrolisis menjadi bentuk yang lebih simpel. Monosakarida larut dalam air dan sanggup berdifusi melalui dinding usus tanpa dipecah lagi oleh enzim-enzim pencernaan. Yang termasuk kelompok monosakarida antaralain glukosa, fruktosa, dan galaktosa.
  2. Disakarida
    Disakarida merupakan karbohidrat golongan oligosakarida yang penting bagi tubuh. Disakarida terdiri dari dua molekul monosakarida yang saling beikatan. Dalam proses pencernaan, disakarida akan dipecah menjadi dua molekul monosakarida. Contoh : sukrosa, laktosa, dan maltosa.
  3. Polisakarida
    Polisakarida  merupakan karbohidrat kompleks yang menghasilkan lebih dari enam monosakarida apabila dihidrolisis. Polisakarida sanggup mempunyai kandungan ribuan monosakarida. Polisakarida tak berasa dan tak larud dalam air.

    Yang termasuk ke dalam kelompok poilisakarida merupakan amilum, selulosa, dan glikogen. Pati dan dekstrin merupakan polisakarida yang sanggup dicerna, lagikan selulosa dan pektin merupakan polisakarida yang tak sanggup dicerna.

Baca juga : Sumber dan Khasiat Lemak Bagi Tubuh.

Karbohidrat diharapkan oleh tubuh sebagai sumber enegi untuk melaksanakan kegiatan. Beberapa masakan sumber karbohidrat antaralain beras, gandum, ubi, jagung, kentang, sagu, kacang-kacangan, singkong, beras merah, dan sebagainya.

Baca Juga:   Jenis-Jenis Protein, Sumber, Dan Manfaatnya

Berikut sedikit fungsi penting karbohidrat bagi tubuh :

  1. Sumber energi utama
    Karbohidrat merupakan pemasok energi yang utama bagi tubuh. Dari setiap 1 gram karbohidrat sanggup dihasilkan energi sebesar 4 kkalori melalui proses pembakaran kimiawi di dalam tubuh. Energi tersebutlah yang kita gunakan untuk beraktivitas.
  2. Mengoptimalkan fungsi protein
    Ketika tubuh kekurangan karbohidrat, maka tugas karbohidrat sebagai sumber energi akan dimenggantikan oleh protein. Hal itu mengakibatkan protein tak berfungsi secara optimal.

    Dengan terpenuhinya karbohidrat, maka fungsi protein akan lebih optimal alasannya yaitu energi yang kita butuhkan telah terpenuhi dari karbohidrat yang kita konsumsi.

    Baca juga : Jenis-jenis, Sumber, dan manfaat protein.

  3. Mengatur metabolisme lemak
    Karbohidrat sanggup membantu mencegah terjadinya ketaksempurnaan oksidasi lemak.
  4. Sebagai tambahan alami
    Sebagian besar karbohidrat terutama golongan monosakarida dan disakarida terdapat rasa yang elok sesampai kemudian sanggup dimanfaatkan sebagai zat tambahan alami yang menambah cita rasa makanan.
  5. Membantu proses pencernaan
    Beberapa sumber karbohidrat juga terdapat kandungan serat yang tinggi sesampai kemudian sangat baik untuk membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh.
  6. Membantu proses metabolisme tubuh
    Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga berperan dalam proses penyeimbang asam dan basa di dalam tubuh, serta proses untuk membentuk jaringan sel, struktur dan juga organ-organ dalam tubuh.
 Karbohidrat atau hidrat arang merupakan suatu senyawa yang terdiri dari unsur karbon JENIS-JENIS KARBOHIDRAT, SUMBER, DAN FUNGSINYA

Karena karbohidrat merupakan sumber energi yang utama, maka sangat penting untuk dipenuhi. Kekurangan karbohidrat sanggup menjadikan dilema bagi tubuh antaralain berkurangnya pasokan energi ditandai yang dengan melemahnya tubuh dan terlihat lesu.

Baca juga : Jenis-jenis Mineral dan Khasiat Air Bagi Tubuh.

Untuk kurun waktu yang panjang, kekurangan karbohidrat sanggup mengakibatkan penurunan berat badan, distress, timbulnya otot atrofi, berkurangnya stamina, tremor, pusing, dan kebingungan.