Jenis-Jenis Kebutuhan Dan Penyebab Kelangkaan

Posted on
Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang diharapkan oleh insan baik barang atau jasa supaya insan sanggup hidup dengan layak. Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang diharapkan insan untuk mencapai kemakmuran.

Tentu saja, insan akan dikatakan makmur apabila ia bisa memenuhi segala kebutuhannya. Karena sesuai dengan defenisinya, kemakmuran merupakan suatu keadaan dimana insan sudah sanggup memenuhi kebutuhan hidupnya secara layak. Sesuai dengan kodrat kita sebagai manusia, kita tak akan pernah puas sesampai lalu kebutuhan kita bersifat tak terbatas.

Jenis-Jenis Kebutuhan

Kebutuhan yang diharapkan oleh insan sanggup dikelompokkan menurut sedikit sudut pandang ialah menurut intensitas, menurut sifat, menurut subjek, dan menurut waktu. Berikut akan kita bahas pengelompokan tersebut satu persatu.

Jenis Kebutuhan Berdasarkan Intensitas

Jika dilihat menurut intensitas atau tingkat kepentingannya, maka kebutuhan dibagi menjadi tiga jenis ialah :

  1. Kebutuhan Primer
    Kebutuhan primer merupakan segala sesuatu yang diharapkan insan secara mutlak untuk bertahan hidup. Kebutuhan prime merupakan kebutuhan yang paling utama dan disebut juga sebagai kebutuhan alamiah. Yang termasuk kebutuhan primer antaralain sandang, pangan, dan papan.
  2. Kebutuhan Sekunder
    Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang dipakai sebagai pekompleks untuk meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup. Jika kebutuhan sekunder tak terpenuhi tak akan berakibat fatal Yang termasuk kebutuhan sekunder antaralain pendingin ruangan, televisi, telepon genggam, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan sebagainya.
  3. Kebutuhan Tersier
    Kebutuhan tersier biasa juga disebut sebagai kebutuhan lux atau mewah. Kebutuhan tersier merupakan segala sesuatu yang diharapkan insan untuk meningkatkan kualitas hidupnya sehabis kebutuhan primer dan sekundernya terpenuhi. Yang termasuk kebutuhan tersier antaralain mobil, helikopter, embel-embel berlian, dan sebagainya.

Jenis Kebutuhan Berdasarkan Sifat

Jika dilihat menurut sifat atau karakternya, kebutuhan dibagi menjadi dua jenis ialah :

  1. Kebutuhan Jasmani
    Kebutuhan jasmani merupakan segala sesuatu yang diharapkan insan untuk memenuhi kebutuhan fisik atau tubuhnya ibarat makanan, minuman, pakaian, dan sebagainya.
  2. Kebutuhan Rohani
    Kebutuhan rohani merupakan segala sesuatu yang diharapkan insan untuk memenuhi kebutuhan rohani atau jiwanya ibarat ibadah, musik, hiburan, materi bacaan, dan sebagainya.

Jenis Kebutuhan Berdasarkan Subjek

Berdasarkan subjek atau pelaku yang memenuhi kebutuhan, kebutuhan dibagi menjadi dua jenis ialah :

  1. Kebutuhan Individu
    Kebutuhan individu merupakan segala sesuatu yang diharapkan oleh perorangan dan tak bergantung pada kebutuhan orang lain. Misalnya, nenek membutuhkan kacamata supaya sanggup melihat dengan terang, Paman membutuhkan kartu BPJS untuk berobat ke rumah sakit, dan sebagainya.
  2. Kebutuhan Sosial
    Kebutuhan sosial atau kebutuhan umum merupakan kebutuhan yang diharapkan orang kaya atau diperuntukkan secara umum. Misalnya, kebutuhan akan jalan raya, sentra perbelanjaan, rumah sakit, daerah ibadah, sarana pendidikan, dan sebagainya.

Jenis Kebutuhan Berdasarkan Waktu

Berdasarkan waktu pemenuhannya, maka kebutuhan tediri dari dua jenis ialah :

  1. Kebutuhan Sekarang
    Sesuai dengan namanya, kebutuhan kini merupakan segala sesuatu yang diharapkan mendesak atau harus dipenuhi di ketika sekarang. Jika tak dipenuhi, akan mengganggu kehidupan manusia. Misalnya kebutuhan akan obat bagi orang yang sakit, kebutuhan akan nasi bagi orang yang lapar, dan sebagainya.
  2. Kebutuhan Yang Akan Datang
    Kebutuhan yang akan tiba merupakan kebutuhan yang diperuntukkan untuk masa depan dan tak akan mengganggu kehidupan apabila tak terpenuhi di ketika sekarang. Misalnya tabungan, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan mewah, dan sebagianya.

Faktor Penyebab kelangkaan

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kebutuhan insan akan barang dan jasa semakin tak terbatas. Meningkatnya jumlah penduduk dan tebatasnya barang pemuas kebutuhan menimbulkan terjadinya kelangkaan. Kelangkaan merupakan keadaan ketika seumber daya ekonomi jumlahnya terbatas dibandingkan dengan jumlah kebutuhan yang harus dipenuhi. Dengan kata lain, kelangkaan merupakan kondisi dimana ketersediaan sumber daya tak bisa mencukupi kebutuhan manusia. Kelangkaan terjadi akhir sedikit faktor, ialah :

  1. Keterbatasan sumber daya ekonomi
  2. Kenaikan jumlah penduduk
  3. Perubahan sikap dan selera manusia
  4. Kerusakan sumber daya alam akhir insan
  5. Bencana alam