Jenis-Jenis Pensil Yang Cocok Untuk Menggambar

Posted on
Untuk menghasilkan sebuah karya gambar pensil yang indah diharapkan jenis pensil yang tepat. Penggunaan jenis dan karakter pensil yang sempurna dalam setiap tahapan dan teknik menggambar merupakan salah satu faktor yang memilih nilai estetika suatu karya.

Sebagian orang memang sanggup menghasilkan suatu maha karya dengan hanya memakai satu buah pensil, akan tenamun akan jauh lebih baik apabila anda sebagai pemula memakai sedikit jenis pensil yang terdapat karakter dan fungsi berbeda sesuai kebutuhan anda.

Secara umum terdapat tiga macam pensil yang kerap dipakai dalam menggambar ialah pensil biasa, pensil refill dan pensil mekanik. Sebagai pemula akan sangat penting untuk mengetahui karakter dan fungsi masing-masing pensil.

Jenis-jenis Pensil

Karakter atau sifat yang membedakan satu pensil dengan pensil yang lain merupakan kekerasan dan kehitaman. Tingkat kekerasan dan kehitaman suatu pensil bergantung pada jumlah karbon dan tanah liat yang digunakan.

Perbedaan karakter itulah yang menjadikan setiap jenis pensil terdapat fungsinya masing-masing. Terdapat sedikit jenis pensil sesuai sudut pandangnya sebagai berikut :

Berdasarkan kekerasan

Jika ditinjau berdasarkan kekerasannya, pensil sanggup dikelompokkan menjadi tiga jenis ialah keras, lagi, dan lunak. Untuk menunjukkan tingkat kekerasan umumnya produsen pensil memakai aksara H (Hardness).

Semakin besar angka pada aksara H, maka akan semakin keras sifatnya. Berikut ini tabel jenis-jenis pensil beradasarkan tingkat kekerasan.

Lunak Sedang Keras Keterangan
2B B 4H H = hard

HB = halfblack

B = black

F = firm

3B HB 5H
4B F 6H
5B H 7H
6B 2H 8H
7B 3H 9H

Berdasarkan kehitaman

Berdasarkan kehitaman, pensil terdiri dari sedikit jenis ialah pensil dengan intensitas kehitaman rendah, lagi, dan tinggi. Pensil biasanya diberi instruksi dengan aksara B (Blackness) untuk menyatakan kehitamannya.
Source : dokumen pribadi.

Semakin besar angka pada aksara B maka semakin tinggi intensitas kehitamannya.

Dari jenis pensil H, B, 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B, 8B, dan jenis EB, pensil H merupakan pensil dengan kehitaman paling rendah dan jenis pensil EB terdapat intensitas kehitaman paling tinggi.

Berdasarkan kegunaan

Tingkat kekerasan dan kehitaman pensil menjadikan tiap-tiap pensil terdapat fungsi yang berbeda-beda. Meskipun setiap merek terdapat standar yang berbeda, akan tenamun secara umum anda sanggup memakai pola berikut ini.
Jenis Kegunaan
H Membuat perencanaan dan sketsa
B
2B
3B Membuat outline dan arsiran
4B
5B
6B Untuk keperluan tertentu menyerupai menggambar karakter kaca, air, dan lain sebagainya.
7B
8B

Demikianlah jenis-jenis pensil yang sanggup anda gunakan dalam melukis, agar bermanfaat. Jika berdasarkan anda artikel ini bermanfaat, maka kami harap anda berkenan membaginya kepada teman-teman anda di social media. Terimakasih.
Baca Juga:   Unsur-Unsur Pokok Seni Rupa Dan Pembagian Terstruktur Mengenai Warna