Juknis Dukungan Ruang Kelas Gres Sma Tahun 2019

Posted on

Juknis Bantuan Ruang Kelas Baru Sekolah Menengan Atas Tahun 2019 – Halo anda websiteedukasi.com, pada postingan ini admin akan menyebarkan Petunjuk Teknis (Juknis) Bantuan Ruang Kelas Baru Sekolah Menengan Atas Tahun 2019 yang sanggup anda unduh secara gratis.

Penyediaan prasarana layanan pendidikan menengah dalam bentuk pembangunan ruang kelas gres (RKB), merupakan wujud kegiatan dalam mendukung kegiatan pendidikan menengah universal dan rintisan wajib berguru 12 (dua belas) tahun. Sesampai kemudian akan memperluas daya tampung bagi lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) atau sederajat yang terdapat minat melanjutkan pendidikan ke SMA.

Pada APBN tahun 2019, dialokasikan untuk pembangunan sekaya 1624 Ruang Kelas Baru (RKB), bagi sekolah-sekolah yang kekurangan daya tampung dan/atau mengurangi double shift serta bagi daerah-daerah yang memiliki angka partisipasi sekolah menengah rendah. Pembangunan RKB dilaksanakan oleh sekolah, melalui prosedur penyaluran tunjangan pemerintah.

Pedoman Bantuan Ruang Kelas Baru Sekolah Menengan Atas Tahun 2019 disusun sebagai materi informasi operasional dalam pengelolaan dan pelaksanaan tunjangan pemerintah. Pedoman ini berisi informasi perihal standar tunjangan pemerintah, pengelolaan tunjangan pemerintah dari aspek manajemen dan aspek teknis.

Pedoman pelaksanaan Bantuan Ruang Kelas Baru Sekolah Menengan Atas Tahun 2019 dibutuhkan menjadi pola bagi sekolah peserta tunjangan pemerintah, supaya melakukan pembangunan dengan penuh amanah, bertanggungjawab dan mengutamakan kepentingan pendidikan.

Tujuan Pemberian Bantuan Pemerintah Ruang Kelas Baru Sekolah Menengan Atas Tahun 2019
1. Mendukung kegiatan Pendidikan Menengah Universal dalam meningkatkan ketersediaan layanan SMA;
2. Memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP);
3. Mendorong pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan;
4. Menambah ruang kelas gres bagi Sekolah Menengan Atas dengan jumlah siswa yang cenderung meningkat melebihi daya tampung.

Baca Juga:   Juknis O2sn Sd Tahun 2019

Sasaran Program Bantuan Pemerintah Ruang Kelas Baru Sekolah Menengan Atas Tahun 2019
Sasaran tunjangan merupakan 1.624 Ruang Kelas Baru (RKB) di sekolahsekolah yang kekurangan daya tampung dan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Penerima Dan Pelaksanaan Bantuan Ruang Kelas Baru Sekolah Menengan Atas Tahun 2019
Lembaga peserta dan penanggungjawab tunjangan pemerintah RKB-SMA tahun anggaran 2019 merupakan Sekolah Menengah Atas (SMA) negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan. Penanggung jawab tunjangan merupakan Kepala Sekolah, sebagai wakil dari Sekolah. Sedangkan Pelaksanaan tunjangan merupakan Panitia Pembangunan yang dibuat oleh Kepala Sekolah.

Persyaratan Penerima Bantuan Ruang Kelas Baru Sekolah Menengan Atas Tahun 2019
1. Memiliki lahan/tanah milik Pemda (bagi Sekolah Menengan Atas Negeri) dan milik Yayasan (bagi Sekolah Menengan Atas Swasta), dibuktikan dengan sertifikat, sertifikat jual beli atau keterangan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN), dan bukan tanah sengketa;
2. Berpotensi untuk dikembangkan, ditunjukkan dengan kepemilikan 3 (tiga) rombongan berguru dengan jumlah siswa cenderung stabil atau meningkat dari tahun ke tahun;
3. Diprioritaskan pada Sekolah Menengan Atas dengan kondisi:
a. Rombongan berguru lebih kaya dari jumlah ruang kelas;
b. Jumlah pendaftar siswa gres lebih besar dari daya tampung sekolah;
c. Jumlah siswa lebih besar dari 40 orang per kelas
d. Masih melakukan sistem pembelajaran double shift.
e. Memiliki analisis kebutuhan Ruang Kelas Baru;
f. Telah mengisi dan mengupdate data pokok pendidikan secara online (DAPODIK);
g. Memiliki ijin pendirian sekolah (bagi Sekolah Menengan Atas Negeri), dan akte pendirian yayasan dan ijin operasional sekolah (bagi Sekolah Menengan Atas Swasta);
h. Memiliki Kepala Sekolah definitif, dibuktikan dengan surat keputusan Dinas Pendidikan Provinsi;
i. Tidak termasuk sekolah yang belum memberikan laporan pelaksanaan tunjangan pemerintah atau memiliki dilema dalam pengelolaan tunjangan pemerintah sebelumnya;
j. Memiliki komite sekolah, dibuktikan dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah;
4. Diketahui atau diusulkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi;
5. Memiliki site plan.

Baca Juga:   Modul Ppkpns Pengawas Sekolah 2019

Sekompleksnya, bagi anda yang belum terdapat Pedoman/ Juknis Bantuan Ruang Kelas Baru Sekolah Menengan Atas Tahun 2019 sanggup mengunduhnya melalui tautan link yang admin sematkan di bawah ini.

Juknis Bantuan Ruang Kelas Baru Sekolah Menengan Atas 2019.pdf, Unduh

Demikian Petunjuk Teknis Bantuan Ruang Kelas Baru Sekolah Menengan Atas Tahun 2019 yang dapaty admin bagikan, semoga bermanfaat. Source : psma.kemdikbud.go.id