Juknis Pemilihan Best Practices Bagi Kepala Sekolah 2019

Posted on

– Download Petunjuk Teknis (Juknis) Pemilihan Best Practices Bagi Kepala Sekolah Tahun 2019. Pemilihan Best Practices Kepala Sekolah 2019 guna mendorong aktivitas peningkatan kualitas layanan pendidikan dasar dan menengah, lalu meningkatkan kualitas kepala sekolah dalam memimpin dan mengelola sekolah, dan meningkatkan kompetensi kepala sekolahdalam dimensi kepribadian, supervisi akademik, kepemimpinan pembelajaran, dan kewirabisnisan, penelitian tindakan sekolah dan pengembangan, administrasi berbasis sekolah dan dimensi sosial, serta meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran, pengelolaan sekolah, serta kompetensi guru dan kepala sekolah.

Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Pemilihan Best Practices Kepala Sekolah Tahun 2019. Kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2019.

A. Peserta
PesertaKegiatan PemilihanBest PracticesKepala Sekolah merupakan kepala sekolah yang berstatus PNS inginpun non-PNS, yang berasal dari sekolah negeri inginpun swasta, termasuk pendidikan khusus, yang memenuhi persyaratan.

B. Kategori
Kategori Kegiatan Pemilihan Best Practices Kepala SekolahTahun 2019 meliputi lima kategori.
1. Kepala SD (SD).
2. Kepala SMP (SMP).
3. Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA).
4. Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
5. Kepala Sekolah Pendidikan Khusus (PK) meliputi SDLB, SMPLB, SMALB, SLB.

C. Persyaratan Calon Peserta
1. Kepala sekolah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, serta pendidikan khusus.
2. Pendidikan minimal Diploma IV (D-IV) atau Sarjana (S1).
3. Masa kerja sebagai kepala sekolah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun berturut-turut, dibuktikan dengan keputusan pengangkatan sebagai kepala sekolah oleh pejabat yang berwenang.
4. Tidak lagi menjalani proses hukum/menjalani eksekusi disiplin.
5. Tidak lagi dalam proses alih kiprah ke jabatan lain.
6. Belum pernah menjadi pemenang I, II atau III tingkat nasional pada kegiatan PemilihanBest Practices dan/atau pemilihan kepala sekolah berprestasi tingkat nasional pada kurun waktu 2 tahun terakhir.

Baca Juga:   Juknis Pip Pendidikan Keagamaan Islam Tahun 2019

D. Persyaratan Karya
1. Karya best practices orisinil dan belum pernah diikutkan/dipresentasikan dalam kegiatan Pemilihantingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kemendikbud (Tenaga Kependidikan Berprestasi, Simposium, dan sejenisnya).
2. Setiap penerima hanya boleh mengirimkan 1 (satu) karya best practices.
3. Dokumen naskah best practices sanggup disusun sesuai dengan format terlampir.
4. Karya didukung dengan video singkat (durasi 3 menit) yang bekerjasama dengan profil kepala sekolah dan sekolahdi bawah pimpinannya, dan penterangan best practices. (penterangan dan ketentuan video terlampir).

Download Juknis Pemilihan Best Practices Bagi Kepala Sekolah 2019.doc, Unduh
Demikian informasi terkait Juknis Pemilihan Best Practices Bagi Kepala Sekolah Tahun 2019, agar bermanfaat untuk kita semua.