Memahami Aturan Newton Dan Penerapannya

Posted on

Hukum Newton Tentang Gerak

Hukum Newton yang menganalisis wacana gerak terdiri dari 3 bab ialah :
  1. Hukum I Newton
  2. Hukum Newton yang pertama disebut juga aturan kelembaman. Menurut aturan ini, benda yang membisu akan tetap membisu dan benda yang bergerak akan tetap bergerak lurus beraturan selama tak ada gaya luar yang mempengaruhinya.
     

    Karena tak ada gaya yang bekerja dari luar, maka percepatan benda sama dengan nol. Jika percepatan benda sama dengan nol atau benda tak mengalami percepatan, maka benda tak mengalami perubahan kecepatan.

    Itu artinya, apabila benda bergerak dengan kecepatan v, maka akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap sebesar v. Begitupula dikala benda membisu atau tak terdapat kecepatan, maka benda akan tetap diam.

    Dengan kata lain Hukum I Newton berlaku untuk benda membisu dan benda bergerak lurus beraturan. Konsep ini harus kita ingat alasannya dipakai dalam bermacam topik fisika lainnya menyerupai bisnis, momentum, dinamika partikel, dan kesetimbangan benda tegar.

    Ketika diberikan soal, maka akan sangat penting bagi kita untuk mengetahui aturan Newton manakah yang berlaku pada soal tersebut. Jika keliru, maka tentu perhitungan yang kita peroleh juga akan keliru.

    Contoh soal

    1. Tentukan besar gaya normal yang dikerjakan lantai pada benda menyerupai gambar kalau massa benda 10 kg. Pembahasan>>
    2. Tentukan besar gaya normal yang dikerjakan lantai pada benda menyerupai gambar dengan massa benda 5 kg. Pembahasan>>
    3. Pada gambar diketahui massa benda 2 kg. Hitunglah gaya normal yang dilakukan dinding pada benda. Pembahasan>>

  3. Hukum II Newton
  4. Hukum Newton yang kedua menyatakan bahwa percepatan gerak yang dialami benda merupakan hasil bagi antara resultan gaya yang seputar benda tersebut dengan massa total.

    Contoh soal :
    Sebuah benda bermassa 5 kg terletak di atas lantai. Bila benda ditarik oleh gaya sebesar 20 N searah bidang mendatar dan gaya ukiran yang menghambat gerak benda sebesar 2 N, hitunglah resultan gaya yang bekerja pada benda dan percepatan yang dialami benda. Pembahasan>>

  5. Hukum III Newton
  6. Hukum Newton ketiga menyatakan bahwa suatu benda yang dikenai gaya akan memperlihatkan gaya reaksi dengan besar yang sama namun arahnya berlawanan.
Baca Juga:   Melukis Bayangan Pada Cermin Cekung Tanpa Sinar Istimewa