Modul Supervisi Akademik 2019 (Diklat Calon Pengawas Sekolah)

Posted on

Modul Supervisi Akademik 2019 (Diklat Calon Pengawas Sekolah) – Halo anda websiteeduaksi.com, pada postingan ini admin akan berbagi Modul Pengelolaan Supervisi Akademik 2019 (Diklat Calon dan Penguatan Pengawas Sekolah) yang tentunya sanggup anda unduh secara gratis.

Supervisi akademik merupakan nerupakan serangkaian acara membantu pendidik mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Supervisi akademik bukan penilaian unjuk kerja pendidik melainkan membantu pendidik mengembangkan kemampuan profesionalismenya. Tugas supervisi akademik pengawas sekolah mencakup pembinaan, pemantauan dan penilaian kinerja guru dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil pembelajaran dan pembimbingan serta pembinaan akseptor didik.

Kegiatan pembinaan dalam supervisi akademik terhadap guru menyangkut kemampuan pendidik dalam mengelola proses pembelajaran. Selanjutnya pemantauan fokus pada pelaksanaan standar isi, standar kompetensi lulusan, standar proses, dan standar penilaian. Pengawas sekolah sebagai supervisor sanggup mengembangkan supervisi akademik dengan memperlihatkan motivasi dan memperlihatkan pelayanan supervisi akademik secara optimal kepada para pendidik sesuai kondisi pendidik yang ada di sekolah. Dari acara ini dibutuhkan terjadi perubahan sikap pendidik ke arah yang lebih berkualitas dan akan menjadikan sikap mencar ilmu akseptor didik menjadi lebih baik. Proses pembelajaran yang berkualitas dan hasil mencar ilmu akseptor didik yang baik merupakan satu indikator keberhasilan kinerja Pengawas Sekolah. Penguasaan kompetensi supervisi akademik merupakan bekal utama dalam melakukan kiprah pengawasan. Untuk mencapai hal tersebut, calon pengawas sekolah diberi bekal melalui pembinaan membuat perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian serta tindak lanjut supervisi akademik.

Perlu diketahui bersama, pengawas sekolah harus terdapat komitmen bersama untuk membina, membimbing dan mendampingi kepala sekolah, kemudian menggerakkan guru dan akseptor didik supaya bisa berpikir kritis, berkreasi, berinovasi, memecahkan problem serta membuat pembelajaran aktif dan efektif. Dengan melakukan supervisi akademik secara terprogram dan berkesinambungan, akan tercapai layanan proses pembelajaran bermutu sesuai dengan tuntutan kebijakan implementasi kurikulum terkini (penguatan pendidikan karakater, literasi, HOTS, dan keterampilan periode 21). Pembelajaran yang dipimpin oleh guru yang berkualitas akan meningkatkan prestasi akseptor didik. Pengawas sekolah dan kepala sekolah sebagai pembina harus menjadwalkan acara supervisi akademik terhadap semua guru.

Baca Juga:   Juknis Tpg Madrasah 2019

Modul Supervisi Akademik berisi tentang: (1) Perencanaan Supervisi Akademik, (2) Pelaksanaan Supervisi Akademik; dan (3) Penyusunan Laporan dan Tindak Lanjut Supervisi Akademik. Sekompleksnya, bagi bapak/ ibu yang belum terdapat Modul Pengelolaan Supervisi Akademik Diklat Calon Pengawas Sekolah Tahun 2019 sanggup mengunduhnya melalui tautan link yang admin sematakan di bawah ini;

Modul Supervisi Akademik.pdf, Unduh

Demikian Modul Supervisi Akademik Diklat Calon dan Penguatan Pengawas Sekolah Edisi Tahun 2019 yang sanggup admin bagikan, semoga bermanfaat.