Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia

Posted on

Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia  merupakan topik pembahasan  yang  akan kita bahas artikel kali . Pada artikel ini kita akan membahas salah satu bahan yang terdapat pada mata pelajaran geografi, mencakup daerah-daerah persebaran fauna di Indonesia yang disertai teladan fauna yang terdapat pada daerah-daerah tersebut.

Persebaran fauna di Indonesia tersebar menurut kondisi sejarah geologis negara Indonesia. Pembagian persebaran fauna secara geologis di Indonesia di bagi menjadi 3 wilayah oleh Alfred Russel Wallace dan Max Wilhelm Carl Weber adalah wilyah asiatis ( Indonesia potongan Barat), peralihan, serta Australis ( Indonesia potongan Timur). Berikut di bawah ini merupakan jenis persebaran fauna di Indonesia.

1.Fauna Asiatis, wilayah persebaran fauna asiatis tersebar pada dataran sunda atau wilayah Indonesia potongan Barat yang mencakup Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan.

Artikel Terkait :Pengertian Skala Peta dan Cara Menghitungnya

  • Ciri-Ciri dan Contoh Fauna Asiatis

Fauna pada wilayah asiatis terdapat ciri-ciri adalah kita sanggup menjumpai bermacam mamalia berukuran besar menyerupai gajah ( Elepahas maximus sumatranus), rino (Rhinoceros sondaicus), hariingin (Panthera tigris), beruang (Helarctos malayanus ), dan orang utan (pongo phygmaeus). Pada wilayah fauna asiatis terdapat pula fauna endemik, fauna endemik merupakan fauna yang hanya sanggup ditemukan pada satu tempat tertentu dan tak sanggup ditemukan di tempat atau lokasi lain misalnya Beo Nias (Gracula religiosa robusta) yang sanggup kita temukan di Kabupaten Nias, Bekantan atau sanggup disebut simpanse Belanda ( Nasalis larvatus), Orang utan Kalimantan (Pongo phygmaeus), dan rino berucula satu  yang sanggup kita temui di Ujung kulon Jawa Barat.

2.Fauna Peralihan di batasi oleh garis Wallace dan Weber. Garis Wallace merupakan garis yang membatasi di Dangkalan Sunda antara fauna asiatis dengan fauna peralihan.Garis Weber merupakan garis yang membatasi di Dangkalan Sahul antara fauna Peralihan dengan fauna Australis.
Wilayah persebaran fauna peralihan tersebar mencakup daerah Maluku, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Contoh fauna peralihan antara lain babi rusa (Babyrousa babirussa), anoa (Bubalus depressicornis), biawak (Veranus salvator), komodo (Varanus komodosiensis), dan kuskus (Ailurops ursinus), burung maleo (Macrocephalon maleo) .

 Pada artikel ini kita akan membahas salah satu bahan yang terdapat pada mata pelajaran g Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia

3.Fauna Australis, fauna ini tersebar di Dataran Sahul atau wilyah Indonesia potongan Timur menyerupai Papua. Contoh fauna Australis adalah hewan-hewan berkantung menyerupai kanguru (Macropus giganteus), burung kasuari ( Casuarius casuarius), kuskus (Ailurops ursinus), burung cendrawasih ( Paradisaea rudolphi), kakatua ( Cacatua moluccensis), dan amfibi.

Baca Juga:   Pengertian Gempa Tektonik, Vulkanik Dan Runtuhan Lengkap

Sekian Posting admin kali ini seputar Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia . Semoga dengan artikel ini sanggup membantu pemahaman teman semua perihal persebaran fauna daerah fauna di Indonesia  beserta contohnya.