Pembahasan Soal Essai Ihwal Protista, Alga Dan Protozoa

Posted on

– Essai Protista. Pembahasan pola soal berbentuk essai untuk bidang studi biologi sma perihal protista. Soal dalam pembahasan ini disusun menurut sedikit subtopik pilihan yang paling kerap dibahas dalam cuilan Protista. Beberapa subtopik tersebut antara lain protista seolah-olah jamur, protista seolah-olah tumbuhan, protista seolah-olah hewan, ciri-ciri umum protista, pembagian terstruktur mengenai protista, pembagian terstruktur mengenai alga, pembagian terstruktur mengenai protozoa, ciri-ciri alga, ciri-ciri protozoa, dan tugas protista dalam kehidupan sehari-hari.

Soal 1 : Apa yang dimaksud dengan protista? Jelaskan ciri-ciri umum protista!

Pembahasan :
Protista merupakan organisme tingkat rendah yang terdiri dari organisme seolah-olah jamur, organisme seolah-olah tumbuhan, dan organisme seolah-olah hewan. Secara umum, ciri-ciri dari protista antaralain :
1). Bersifat eukariotik : terdapat membran inti
2). Respirasi secara aerobik
3). Sebagian besar bersifat uniseluler
4). Reproduksi secara s3ksual dan as3ksual
5). Sebagian hidup bebas, sebagian bersimbiosis
6). Sebagian besar hidup di perairan.

Soal 2 : Jelaskan pembagian terstruktur mengenai protista menurut cara memperoleh masakan dan berikan masing-masing contohnya!

Pembahasan :
Berdasarkan cara memperoleh makanan, protista sanggup dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu:
1). Protista fotoautotrof
2). Protista heterotrof

Protista fotoautotrof merupakan golongan protista yang sanggup mengubah molekul anorganik mudah menjadi senyawa organik kompleks dengan memanfaatkan energi cahaya. Organisme yang tergolong protista fotoautotrof antara lain Chlorophyta dan Phaeophyta.

Protista heterotrof merupakan golongan protista yang tak sanggup mengubah molekul anorganik menjadi senyawa (tak sanggup menghasilkan makanannya sendiri) sesampai kemudian memerlukan masakan dari lingkungannya dengan cara memakan organisme lain. Contoh protista heterotrof contohnya Rhizopoda dan Oomycota.

Baca juga : Pembahasan Soal perihal Biologi Sel.

Soal 3 : Jelaskan pengelompokkan protista menurut kemiripannya dengan kingdom yang lebih tinggi! Berika masing-masing contohnya!

Baca Juga:   Kumpulan Soal Dan Tanggapan Struktur Fungsi Sel

Pembahasan :
Jika ditinjau menurut kemiripannya dengan kingdom yang lebih tinggi, maka organisme protista sanggup dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yakni :
1). Protista seolah-olah jamur
2). Protista seolah-olah tumbuhan
3). Protista seolah-olah hewan

Protista seolah-olah jamur merupakan protista yang menunjukkan ciri-ciri seolah-olah dengan jamur namun tak dimasukkan ke dalam kingom fungsi atau kingdom jamur. Protista seolah-olah jamur tak dimasukkan ke dalam kingdom fungi lantaran struktur badan dan cara reproduksinya berbeda. Contoh : jamur lendir plasmodial, dan jamur air oomycota.

Protista seolah-olah flora atau dikenal dengan sebutan alga merupakan golongan protista yang menunjukkan kemiripan ciri dengan tumbuhan. Alga umumnya hanya berupa fitoplankton yang hidup melayang di dalam air. Contoh alga contohnya alga hijau, Chorella sp, alga merah, sargassum, dan sebagainya.

Protista seolah-olah binatang atau dikenal dengan sebutan protozoa merupakan golongan protista yang menunjukkan kemiripan ciri dengan hewan. Protozoa merupakan mikroorganisme yang umum ditemukan di perairan dan merupakan penyusun zooplankton. Contoh : rhizopoda, podophyra, euglonoida, dan sebagainya.

Soal 4 : Jelaskan pembagian terstruktur mengenai alga yang bersifat bentik (yaitu yang hidup di dasar perairan) menurut daerah melekatnya!

Pembahasan :
Berdasarkan daerah melekatnya, alga yang hidup di dasar perairan sanggup dibedakan menjadi empat kelompok, yakni :
1). Epilitik : hidup menempel di atas batu
2). Epipaltik : menempel pada lumpur atau pasir
3). Epipitik : menempel pada tumbuhan air
4). Epizoik : menempel pada hewan.

Soal 5 : Jelaskan sifat Oomycota menurut cara memperoleh makanannya dan terangkan bagaimana caranya memperoleh makanan!

Pembahasan :
Jamur air (Oomycota) bersifat heterotrofik baik secara benalu ataupun saprofit. Artinya, jamur tersebut tak sanggup menghasilkan makanannya sendiri. Oomycota mengambil masakan dengan cara memasukkan hifa ke dalam jaringan inang, mengeluarkan enzim pencerna, dan mengisap larutan hasil pencernaan tersebut.

Baca Juga:   Kumpulan Soal Dan Balasan Sistem Peredaran Darah

Soal 6 : Jelaskan repr0duksi as3ksual dan reproduksi s3ksual pada protista seolah-olah tumbuhan!

Pembahasan :
Reproduksi secara as3ksual pada protista seolah-olah flora (alga) terjadi melalui pembelahan sel. Pada pembelahan tersebut dihasilkan dua sel anak yang masing-masing akan menjadi individu baru. Reproduksi secara s3ksual melibatkan peleburan dua gamet untuk membentuk zigot yang akan tumbuh menjadi individu baru. Proses s3ksual pada alga sanggup berlangsung secara isogami atau oogami.

Soal 7 : Sebutkan ciri-ciri umum alga coklat dan sedikit contohnya!

Pembahasan :
Alga coklat merupakan alga yang terdapat talus terbesar dibanding jenis alga lainnya. Contoh alga coklat contohnya fucus serratus, Macrocystis pyrifera, dan Sargassum vulgare. Secara umum, alga cokelat terdapat ciri-ciri sebagai berikut:
1). Talus berbentuk tegak, bercabang dan tak berfilamen
2). Memiliki kloroplas tunggal
3). Memiliki pirenoid di cuilan kloroplas
4). Memiliki lapisan selulosa di cuilan dinding sel
5). Memiliki jaringan transportasi air yang analog dengan flora darat.

Soal 8 : Rizhopoda merupakan protozoa yang terdapat alat gerak berupa kaki semu. Jelaskan tipe-tipe kaki semu pada rizhopoda!

Pembahasan :
Secara garis besar, kaki semu pada Rizhopoda dibedakan menjadi dua tipe, yaitu:
1). Lobodia : berbentuk agak lebar dengan ujung berbentuk tabung
2). Filopodia : berbentuk cabang dengan ujung penjuluran berbentuk runcing.

Soal 9 : Sebagian protozoa terdapat tugas negatif yang sanggup menjadikan penyakit bagi manusia. Salah satunya merupakan Leishmania. Jelaskan jenis-jenis Leishmania dan penyakit yang ditimbulkannya!

Pembahasan :
Leishmania merupakan protista yang mengakibatkan penyakit pada sel-sel endometrium pembuluh darah. Jenis-jensinya antaralain:
1). Leishmania donovani : penyebab penyakit kala azar
2). Leishmania torpica : penyebab penyakit kulit (oriental)
3). Leishmania brasilliensis : penyebab penyakit kulit di Amerika Selatan.

Soal 10 : Sebutkan dan Jelaskan pengelompokkan (klasifikasi) protozoa menurut alat geraknya! berikan masing-masing contohnya!

 Pembahasan pola soal berbentuk essai untuk bidang studi biologi sma perihal protista PEMBAHASAN SOAL ESSAI TENTANG PROTISTA, ALGA DAN PROTOZOA

Pembahasan :
Berdasarkan alat geraknya, protozoa sanggup dibedakan menjadi lima golongan, yaitu:
1). Rhizopoda : bergerak dengan kaki semu, pola : Arcella, Difflugia.
2). Flagellata : bergerak dengan bulu cambuk, pola : volvocida, Dinoflagellata.
3). Ciliata : bergerak dengan rambut getar, pola : Stentor, Stylonichia.
4). Suctoria : bulu getar hanya pada awal hidupnya, pola : podophyra, Sphenophyra.
5). Sporozoa : tak terdapat alat gerak, pola : Plasmodium sp.

Baca Juga:   Kumpulan Soal Dan Tanggapan Ruang Lingkup Biologi

Baca juga : Kumpulan Soal dan Jawaban perihal Protista seolah-olah Tumbuhan.

Demikianlah pembahasan sedikit pola soal essai perihal protista yang sanggup edutafsi bagikan biar bermanfaat untuk acara belajar. Jika pembahasan soal esai protista ini bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia, terimakasih.