Pengertian Aktivitas Linear Secara Umum

Posted on

         Pondok Soal.com – Pada artikel ini kita membahas bahan Pengertian Program Linear Secara Umum. Program Linear merupakan salah satu bahan pada matematika yang dipelajari di SMA. Permasalahan Program Linear bekerjsama sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari terutama yang berkaitan dengan bisnis untuk mencari laba maksimum dan biaya minimum.

Pengertian Program Linear
       Program Linear merupakan salah satu cara untuk menuntaskan suatu soal (biasanya soal cerita) yang berkaitan dengan Nilai Optimum (baik Maksimum inginpun Nilai Minimum) dengan cara mengubah soal dongeng yang ada menjadi sebuah Model Matematika, lalu diselesaikan dengan bermacam metode diantaranya metode uji titik pojok, metode garis selidik, dan metode gradien.

Contoh soal atau permasalahan jadwal linear :

         Suatu pabrik farmasi menghasilkan dua jenis kapsul obat flu yang diberi nama Fluin dan Fluon. Tiap-tiap kapsul memuat tiga unsur (ingredient) utama dengan kadar kandungannya tertera dalam Tabel 1.5. Menurut dokter, seseorang yang sakit flu akan sembuh apabila dalam tiga hari (secara rata-rata) minimal menelan 12 grain aspirin, 74 grain bikarbonat dan 24 grain kodein. Jika harga Fluin Rp500,00 dan Fluon Rp600,00 per kapsul, bagaimana rencana (program) pembelian seorang pasien flu (artinya berapa kapsul Fluin dan berapa kapsul Fluon harus dibeli) semoga cukup untuk menyembuhkannya dan meminimumkan ongkos pembelian total.

Grafik dari permasalahan di atas merupakan :

Untuk menuntaskan soal ini akan sangat gampang memakai konsep jadwal linear.

Hal-hal yang Dipelajari pada Materi Program Linear
       Berikut sub Materi Program Linear yang akan dipelajari :
(i). Menyusun Persamaan dan Grafik bentuk Linear.
(ii). Menentukan Daerah Penyelesaian sistem Pertaksamaan.
(iii). Menyusun Model Matematika.
(iv). Menentukan Nilai Optimumnya :
       a). Metode Uji Titik Pojok
       b). Metode Garis Selidik
       c). Metode Gradien.