Pengertian Dan Rumus Kalor Beserta Pola Soal Lengkap

Posted on

Pengertian dan Rumus Kalor Beserta Contoh Soal LengkapApakah anda pernah mencicipi kepanasan saat memegang gelas yang berisi air panas? Bagaimana ini sanggup terjadi? Kejadian ini menunjukan bahwa kalor yang terdapat pada air sanggup berpindah ke gelas hingga pada akirnya dirasakan oleh tangan kita. Lalu apa sebetulnya pengertian kalor tersebut? Bagiamana cara menuntaskan teladan soal kalor? Apa saja rumus kalor? Secara simpel, kalor merupakan suhu panas atau hambar yang terdapat pada sebuah benda.

Pengertian dan Rumus Kalor Beserta Contoh Soal Lengkap Pengertian dan Rumus Kalor Beserta Contoh Soal Lengkap

Namun kalor sanggup diartikan sebagai sebuah energi yang sanggup dilepas inginpun diterima oleh zat sesampai kemudian suhu zat tersebut sanggup naik atau turun. Hal inilah yang natinya akan kuat terhadap perubahan zat itu sendiri. Misalnya es kerikil yang mencair. Es kerikil ini mendapatkan kalor sesampai kemudian membuat es tersebut mencair dan berubah wujud menjadi air. Nah kali ini admin akan menterangkan perihal pengertian kalor, rumus rumus kalor dan teladan soal kalor. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca di bawah ini.

Pengertian dan Rumus Kalor Beserta Contoh Soal Lengkap

Kalor sanggup berpindah melalui zat mediator panas, menyerupai barang barang yang bersifat konduktor. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa konduktor terdapat sifat yang sanggup menghantarkan panas. Misalnya saja kita memasak air memakai panci. Panci tersebut usang kelamaan akan menjadi panas. Jika anda memegangnya pribadi tanpa adanya perantara, maka tangan tersebut akan mencicipi panas (kalor). Hal inilah yang membuat kalor berpindah pada panci. Dibawah ini terdapat penterangan seputar pengertian kalor, rumus rumus kalor dan teladan soal kalor. Berikut ulasan sekompleksnya.

Pengertian Kalor

Pengertian kalor secara umum adalah sebuah energi yang sanggup berpindah dari benda yang suhunya tinggi menuju benda yang suhunya rendah apabila kedua benda gres saja saling bersentuhan. Kalor termasuk ke dalam bentuk energi. Kalor tersebut memiliki satuan SI yaitu Joule. Sedangkan satuan kalor dalam CGS yaitu ERG. Apabila diterangkan dalam bentuk besaran nilai maka akan menjadi di bawah ini:

1 Joule = 107 erg
1 Kalori = 4,18 Joule
1 Joule = 0,24 Kalori

Baca juga : Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal (Cara Cepat)

Rumus Rumus Kalor

Rumus kalor berkhasiat untuk menghitung besar kalor yang terdapat dalam sebuah benda, baik saat suhunya naik ataupun turun. Berikut rumus kalor secara umum:
Pengertian dan Rumus Kalor Beserta Contoh Soal Lengkap Pengertian dan Rumus Kalor Beserta Contoh Soal Lengkap
Keterangan :
c = Kalor Jenis (J/kg°C atau Kal/gr.K)
m = Massa (kg atau gram)
Q = Kalor (Joule atau Kalori)
ΔT = Perubahan Suhu (°C atau Kelvin)
Selain rumus kalor di atas, adapula rumus lainnya yang berkaitan dengan kalor. Rumus tersebut berkaitan dengan besaran kalor, kalor uap, inginpun kapasitas kalor. Berikut penterangan sekompleksnya.
Rumus Besaran Kalor
Rumus besaran kalor merupakan rumus kalor yang berkhasiat untuk menghitung perubahan wujud suatu zat. Berikut rumusnya

Q = m x L

Keterangan :
Q = Kalor (Joule)
m = Massa Zat (kg)
L = Kalor lebur atau kalor laten (Joule/kg)

Rumus Kalor Uap
Rumus kalor uap merupakan rumus kalor yang berkhasiat untuk menghitung penguapan sebuah zat menurut titik didihnya. Berikut rumusnya:

Q = m x U

Keterangan :
Q = Kalor (Joule)
m = Massa Zat (kg)
U = Kalor uap (Joule/kg)

Baca juga : Rumus Usaha Dalam Fisika Beserta Contoh Soalnya

Rumus Kapasitas Kalor
Rumus kapasitas kalor merupakan rumus kalor yang berkhasiat untuk menaikan suhu 1ºC lebih tinggi pada sebuah zat. Berikut rumusnya:

C = Q/T

Keterangan :
C = Kapasitas Kalor (Joule/ºC)
Q = Kalor (Joule)
T = Suhu zat (ºC)

Rumus kalor kaya dikenal dengan nama Asas Black. Adapuan suara dari Asas Black sebagai berikut:

“Banyaknya kalor yang dilepaskan oleh benda yang suhunya tinggi sebanding dengan kalor yang dilepaskan oleh benda yang suhunya lebih rendah (Q lepas = Q terima).”

Contoh Soal Kalor
Berapakan besar kalor yang diharapkan untuk memanaskan 3 kg air yang suhunya 25ºC menjadi 100ºC, apabila kalor jenis air 1000 J/kgºC?

Pembahasan
Diketahui : m = 2 kg; c = 1000 J/kgºC; ΔT = 100 – 25 = 75ºC
Ditanyakan : Q = ?
Jawab:
Q = m x c x ΔT
    = 2 x 1000 x 75
    = 150.000 Joule
Makara besar kalor yang diharapkan adalah 150.000 Joule.

Sekian penterangan seputar pengertian kalor, rumus rumus kalor dan teladan soal kalor. Kalor adalah sebuah energi yang sanggup berindah dari zat yang suhunya tinggi menuju zat yang suhunya rendah apabila saling bersentuhan. Semoga artikel ini sanggup menambah pengetahuan anda. Terima kasih.

Baca Juga:   Bunyi Dan Rumus Aturan Archimedes