Pengertian Klausa, Ciri-Ciri, Dan Pola Klausa

Posted on

Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Dan Contoh Klausa – Tidak terlepas dari artikel sebelumnya perihal pengertian, ciri-ciri, dan pola frasa. Kali ini materi4belajar akan membahas perihal pengertian klausa, ciri-ciri klausa, dan tentunya pola klausa kompleks dengan pembahasannya.

Sebagaimana yang kita ketahui, Klausa merupakan satuan gramatikal yang terdapat dalam sebuah tata bahasa. baik itu bahasa indonesia inginpun bahasa inggris. Klausa sendiri dalam bahasa inggris disebut dengan clause, dan terdapat pengertian, ciri-ciri, dan pola yang tak berbeda dengan klausa bahasa indonesia.

Baca Juga : Pengertian Frasa, Ciri-ciri, Dan Contoh Frasa

Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Struktur Dan Contoh Klausa

 Tidak terlepas dari artikel sebelumnya perihal  Pengertian Klausa, Ciri-ciri, Dan Contoh Klausa

Baikah pribadi saja kita menuju pembahasan yaitu pengertian klausa, ciri-ciri kalusa dan pola klausa yang bertujuan supaya kita sanggup lebih memahami apa itu klausa kompleks dengan strukturnya.

Pengertian Klausa

Sebagaimana yang admin terangkan di atas bahwa Klausa merupakan sebuah satuan grammatikal yang terdapat dalam tata bahasa, Klausa terdapat susunan kata melebihi frasa namun kurang kompleks untuk menjadi sebuah kalimat. Klausa terdapat bentuk berupa kelompok kata yang setaknya terdiri dari sebuah subjek dan sebuah predikat (S &P), Dan terdapat potensi untuk menjadi suatu kalimat. Mengapa klausa terdapat potensi untuk menjadi sebuah kalimat? lantaran sebetulnya klausa tak jauh berbeda dengan sebuah kalimat, Hanya saja klausa tak terdapat intonasi selesai yang menjadi ciri khusus sebuah kalimat.

Dalam konstruksinya yang terdiri atas S dan P klausa sanggup disertai dengan O, Pel, dan Ket, ataupun tak. Dalam hal ini, unsur inti klausa merupakan S dan P. tenamun, dalam praktiknya unsur S kerap dihilangkan. Misalnya dalam kalimat beragam (atau lebih tepatnya kalimat plural) dan dalam kalimat yang merupakan jawaban. (Ramlan 1987:89). Misalnya :

Baca Juga:   Pengertian Kalimat Sindiran, Ciri-Ciri, Tujuan Dan Teladan Kalimat Sindiran

Struktur Klausa

Sebagaimana yang sudah admin terangkan sebelumnya bahwa klausa merupakan kalimat yang tak tepat yang disusun dan terdapat setaknya satu subjek dan satu predikat. Sebenarnya Klausa juga sanggup terdapat Objek pekompleks dan kata keterangan. Namun dalam penggunaanya penggunaan subjek dalam klausa kerap tak digunakan. misalkan dalam sebuah kalimat beragam (kalimat plural).

Ciri-Ciri Klausa

Sama ibarat frasa, tentunya klausa juga terdapat ciri-ciri yang berfungsi untuk membantu kita mengidentfikasinya. ciri-ciri klausa merupakan :

  1. Dalam sebuah klausa hanya terdapat satu predikat saja dan tak lebih.
  2. Klausa sanggup menjelma sebuah kalimat apabila diimbuhi intonasi akhir.
  3. Klausa merupakan bab dari sebuah kalimat apabila kalimat itu merupakan kalimat plural.
  4. Klausa bersifat meluas apabila ditambahkan dengan atribut-atribut khusus yang belum terdapat pada klausa tersebut.

Jenis-Jenis Klausa

Berdasarkan jenisnya klausa sanggup dibagi menjadi 4 jenis yaitu :

  1. Berdasarkan kekompleksan unsurnya : Klausa tak kompleks dan klausa kompleks
  2. Berdasarkan sifat predikat : Klausa faktual dan klausa negatif
  3. Berdasarkan kategori predikat : Klausa lisan dan klausa non-verbal
  4. Berdasarkan kemapanannya : Klausa sanggup bangun diatas kaki sendiri dan Klausa Tergabung

Contoh Klausa

Setelah kita memahami pengertian klausa, ciri-ciri klausa dan jenis klausa kini saatnya kita membaca dan menyimak pola klausa dibawah ini :

  1. Kondisinya sudah membaik.
  2. Rumah itu sangat mewah.
  3. Mobil itu sangat baru.
  4. Sudah baik keadaanya.
  5. Sangat glamor rumah itu.
  6. lapar sekali hari ini.
  7. keadaan akan baik-baik saja.
  8. bekerja sambil berjalan-jalan.
  9. berlibur itu sangat menyenangkan.
  10. makan masakan mewah.

sekian artikel kali ini perihal pengertian klausa, ciri-ciri, dan pola klausa. semoga dengan memahami klausa sanggup menambah ilmu dan wawasan kita. terimakasih.