Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri Ciri Dan Faktor Penyebab Masyarakat Multikultural

Posted on

Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri Ciri dan Faktor Penyebab Masyarakat Multikultural – Pengertian masyarakat multikultural beserta ciri ciri masyarakat multikultural dan penyebabnya intinya sanggup dengan gampang kita temukan dalam pembelajaran sosiologi di tingkat sekolah. Baik pengertian inginpun pola masyarakat multikultural sendiri sangat berkaitan bersahabat dengan yang disebut “multikulturalisme“. Multikultural sendiri merupakan istilah khusus untuk menterangkan pengertian perihal keberagaman suku bangsa dalam sebuah negara.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam perihal pengertian masyarakat multikultural, ciri ciri masyarakat multikultural, penyebab masyarakat multikultural dan pola masyarakat multi kultural itu sendiri.

Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri Ciri dan Faktor Penyebab Masyarakat Multikultural

 Ciri Ciri dan Faktor Penyebab Masyarakat Multikultural Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri Ciri dan Faktor Penyebab Masyarakat Multikultural
Masyarkat Multikultural di Indonesia

Masyarakat multikultural memang sangat identik dengan istilah multikulturalisme alasannya dalam multikulturalisme itu telah meliputi pandangan pandangan perihal pengertian masyarakat multikultural, ciri ciri dan penyebab masyarakat multikultural.

Pengertian Masyarakat Multikultural

Dalam sebuah lingkungan masyarakat tentunya kita akan menemukan bermacam kelompok masyarakat yang berebeda atau terdapat karkteristik yang berbeda antara satu sama lain. Kumpulan perbedaan ciri ciri dan karakteristik tersebut bersenggolan eksklusif dengan stratifikasi sosial. Masyarakat ibarat ini merupakan bentuk pola masyarakat multikultural.

Artikel terkait: 5 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Menurut susunan bahasanya masyarakat multikultural sanggup dibagi menjadi 3 yaitu “masyarakat“, “Multi“, dan tentunya “Kultural“. Masyarakat yang artinya merupakan sekumpulan insan yang hidup dan berinteraksi berdasarkan budbahasa istiadat inginpun sistem yang berlaku dan diikat oleh rasa toleransi. Multi artinya terdiri dari lebih dari satu jenis (beragam). Dan kultural terdapat arti budaya. Makara sanggup kita simpulkan bahwa pengertian masyarakat multikultural merupakan masyarakat yang terdiri dari bermacam suku bangsa yang terdapat budaya berbeda satu sama lain. Perbedaan kebudayaan ini disebabkan oleh kayanya ras dan suku bangsa yang mendiami suatu masyarakat.

Baca Juga:   Sejarah Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Multikultural juga sanggup kita artikan sebagai suatu perbedaan atau keberagaman suatu budaya dengan budaya lainnya. Hal inilah yang membuat masyarakat multikultural disebut sebagai kelompok insan yang hidup dan tinggal menetap di satu tempat tertentu yang terdapat kebudayaan dan ciri ciri khusus yang membedakan masarakat satu dengan masyarakat lainnya. Pada dasarnya memang setiap kelompok masyarakat terdapat kebudayaan masing masing yang menjadikannya ciri ciri suatu masyarakat tersebut.

Selain berdasarkan bahasanya, multikultural juga sanggup diartikan berdasarkan para ahli. Pengertian masyarakat multikultural berdasarkan para hebat merupakan sebagai berikut:

  • J.S Furnivall beropini bahwa masyarakat multikultural merupakan kelompok masyarakat yang terdiri dari lebih dari dua elemen yang terdapat kehidupan sendiri sendiri. tanpa ada pencampuran dalam bidang politik satu sama lain.
  • J. Nasikun mengemukakan bahwa masyarakat multikultural terdapat sifat yang cenderung beragam sejauh masyarakat tersebut secara struktur terdapat sub kebudayaan yang terdapat sifat diversi (diverse) yang sanggup ditandai oleh adanya keterlambatan perkembangan sistem dan nilai yang disepakati oleh seluruh elemen anggota masyarakat serta sistem nilai nilai kesatuan moral yang ada dari kesatuan sosial sesampai kemudian kerap menjadikan konflik sosial.
  • Clifford Geertz beropini bahwa pengertian masyarakat multikultural merupakan masyarakat yang terbagi dalam subsistem yang kurang atau lebih bangun dengan keadaan masing masing subsistem tersebut terikat oleh ikatan primordial.

Ciri Ciri Masyarakat Multikultural

Setelah kita membahas pengertian masyarakat multikultural, maka kita juga harus mengetahui ciri ciri masyarakat multikultural itu sendiri. Masyarakat multikultural terdapat ciri ciri yang sanggup ditandai oleh:
  1. Adanya struktur budaya (kebudayaan) lebih dari satu.
  2. Proses integrasi yang terjadi berlangsung sangat lama.
  3. Nilai nilai dasar yang telah disepakati sebelumnya dalam sebuah perjanjian sulit berkembang.
  4. Sering terjadi konflik konflik sosial dalam masyarakat yang mempunyai kandungan unsur negatif.
  5. Memiliki struktur sosial yang bersifat non komplementer.
  6. Di bidang politik, ekonomi dan sosial budaya kerap terjadi dominasi.
Itulah yang menjadi ciri ciri masyarakat multikultural yang ada dilingkungan kita. Berdasarkan ciri ciri masyarakat multikultural tersebut kita sanggup menarik kesimpulan bahwa perihal karakteristik masyarakat multikultural.

Karakteristik Masyarakat Multikultural

Karakteristik merupakan penggalan yang akan mengarah pada faktor, sama halnya yang telah admin terangkan sebelumnya, karakterstik inilah yang akan mengarah menuju pada faktor faktor penyebab masyarakat multikultural. Berdasarkan hebat (Pierre L. Va Den Berghe) yang merupakan seorang sosiolog populer dan terkemuka menterangkan perihal karakteristik masyarakat multikultural dan merumuskan faktor faktor penyebab masyarakat multikultural serta kesudahannya dalam kehidupan sehari hari.
Terjadinya segmentasi dalam sebuah kelompok sub budaya yang terdapat perbedaan (primordial). masyarakat multikultural yang telah tersegmentasi kedalam sebuah kelompok sub budaya yang terdapat perbedaan satu sama lain. masyarakat inilah yang nantinya akan terbagi kedalam kelompok kelompok yang lebih kecil berdasarkan agama, suku, ras dan pergaulan yang terpisah alasannya umumnya individu lebih menentukan untuk berinteraksi dengan orang yang terdapat agama, suku, dan ras yang sama.
Dalam pengertian lain, masyarakat miltikultural terdapat ciri ciri dan karakteristik terlihat hidup bersama dalam perbedaan agama, etnis, suku, dan ras. Namun dalam segi keseharian mereka cenderung lebih menentukan bergaul dengan orang orang yang memang berasal dari tempat mereka saja. Hal ini disebabkan alasannya mereka dalam keseharian cenderung menentukan berkawan dengan orang yang memang berasal dari tempat mereka alasannya dianggap lebih gampang melaksanakan interaksi.

Baca Juga:   Pakaian Budbahasa Gorontalo Beserta Keterangan Dan Gambar

Faktor Penyebab Masyarakat Multikultural

Pada dasarnya terdapat kaya faktor penyebab masyarakat multikultural di indonesia. yaitu faktor sejarah, faktor kebudayaan asing, faktor geografis dan lain sebagainya.
Faktor sejarah
Indonesia merupakan negara yang terdapat kekayaan alam yang melimpah terlebih lagi pada rempah rempah. Hal ini menjadikan kaya negara abnormal terdapat impian untuk menjajah Indonesia. Dengan demikian maka bangsa abnormal tersebut akan menetap di Indonesia dalam kurun waktu yang lama. Akhirnya warga negara abnormal ini menikah dengan penduduk indonesia dan usang kelamaan membuat percampuran budaya (multikuluralisme). Inilah yang menjadi faktor penyebab masyarakat multikultural di indonesia.
Faktor imbas kebudayaan asing
Globalisasi adlaah salah satu faktor yang memegang tugas penting dalam proses penyebaran kebudayaan dalam masyarakat dunia terutama Indonesia yang mengadopsi sistem demokrasi dalam pemerintahan. Indonesia merupakan negara terbuka yang gampang mendapatkan budaya abnormal yang masuk walaupun kerap terjadi benturan antara budaya lokal dan budaya abnormal tersebut. Masuknya budaya abnormal melalui globalisasi inilah yang menjadi faktor penyebab masyarakat multikultural di Indonesia.
Faktor Geografis
Selain dikenal kaya akan bermacam jenis rempah rempah, Indonesia juga dikenal terdapat letak geografis yang sangat strategis untuk jalur perdagangan internasional arena diapit oleh dua benua dan dua samudra. Karena terdapat letak gegrafis yang strategis, kaya negara negara abnormal ibarat China, Arab, Portugis, India dan negara eropa lainnya tiba ke Indonesia dengan tujuan berdagang. Keadaan inilah yang akhirnya menambah keanekaragaman budaya di indonesia sesampai kemudian menjadi faktor penyebab masyarakat multikultural di Indonesia.
Faktor Iklim
Iklim juga memegang peranan yang tak kalah penting dalam faktor penyebab masyarakat multikultural di Indonesia, Indnesia merupakan negara kepulauan yang beriklim tropis. Umumnya budaya masyarakat yang tinggal di Indonesia akan meyesuaikan dengan keadaan iklam dan cuaca di tempat masing masing. Sebagaimana di tempat pegunungan yang terdapat iklim dan cuaca masbodoh cenderung akan ramah dan terdapat budaya yang berkaitan dengan iklimya. Berbeda dengan masyarkaat pesisir pantai yang hidup pada iklim dan cuaca panas akan cenderung membentuk kontrol emosi yang lebih gampang marah.
Sekian artikel yang berjudul Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri Ciri Masyarakat Multikultural dan Faktor Penyebab Masyarakat Multikultural yang sanggup admin sampaikan dalam artikel kali ini.