Penjelasan ASN Harus Memiliki Kemampuan Menguasai IT, Bahasa Asing, Hospitality, Networking, dan Entrepreneurship Menuju SMART ASN 2024

Posted on
Sahabat Edukasi yang berbahagia… Dalam membangun ASN (Aparatur Sipil Negara) yang unggul serta kompetitif dalam menuju SMART ASN 2024, maka setiap ASN harus dapat menguasai kompetensi teknis dasar, yakni IT, bahasa asing, hospitality, networking, dan entrepreneurship. Oleh karena itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bekerja sama dengan Rumah Perubahan melaksanakan kegiatan Diklat Pendidikan Karakter ASN Masa Kini dengan fokus pada kompetensi hospitality dan entrepreneurship (lihat selengkapnya ASN Jangan Berpikir yang Penting Dapat Pensiun di https://www.menpan.go.id).
Selanjutnya, dalam kesempatan ini, saya akan khusus mengulas tentang 5 (lima) kompetensi SMART ASN 2024, ASN harus menguasai IT, bahasa Asing, Hospitality, Networking, dan Entrepreneurship, sebagai berikut:
1.   ASN Menguasai IT (Information Technology)
ASN dituntut tidak Gaptek (Gagap Teknologi) dan informasi yakni dapat mengoperasikan dan memanfaatkan aplikasi-aplikasi produk IT (Information Technology) termasuk dapat dengan bijak memanfaatkan internet yang digunakan dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi untuk meningkatkan kinerja dalam rangka meningkatkan kualitas tugas dan fungsinya dalam pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.

2.   ASN Menguasai Bahasa Asing
Seorang ASN selain menguasai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar juga memiliki kemampuan menguasai bahasa Asing seperti bahasa Inggris, bahasa Mandarin, dan lain sebagainya.

3.   ASN Memiliki Sifat dan Sikap Hospitality (Keramahan)
Hospitality / keramahan adalah memiliki sifat baik hati dan menarik budi bahasanya, manis tutur kata dan sikapnya dalam setiap menjalankan aktivitas pelaksanaan tugas dan pekerjaan khususnya dalam menampilkan pelayanan prima kepada masyarakat.
4.   ASN Memiliki Kemampuan Networking
Networking adalah membangun menjalin hubungan dengan orang lain atau organisasi yang berpengaruh positif pada kesuksesan profesional maupun maupun personal.
5.   ASN Memiliki Jiwa Entrepeneurship
ASN dituntut memiliki kemampuan entrepreneurship yakni berjiwa kewirausahaan yang ditandai dengan dimilikinya keberanian, kreatifitas, inovatif, pantang menyerah, dan cerdas dalam menangkap dan menciptakan peluang serta bertanggung jawab. Entrepreneurship juga dapat diartikan berpikir tentang masa depan orang banyak, kehidupan orang banyak, kesejahteraan masyarakat, dan bagaimana cara membantu mereka yang membutuhkan. Dan dengan dimilikinya kemampuan Enterpeneurship ini maka seorang ASN akan mampu meningkatkan kinerja dalam setiap waktunya.

Itulah penjelasan tentang 5 (Lima) kompetensi SMART ASN 2024, ASN harus menguasai IT (Information Technology), bahasa asing, hospitality, networking, dan entrepreneurship. Semoga bermanfaat dan terimakasih.. …!