Peran Aparat Kelurahan Dalam Upaya Mensosialisasikan Pendidikan Anti Korupsi Oleh Purwanto Sigit N

Posted on

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Berikut artikel dari sebuah skripsi yang diajukan dalam rangka penyelesaian studi Strata I untuk mencapai Gelar Sarjana Pendidikan yang telah dikirimkan oleh Sdr. Purwanto Sigit N dengan NPM: 11210064 pada Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang.
PERAN APARAT KELURAHAN DALAM UPAYA MENSOSIALISASIKAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DI KELURAHAN BUGANGAN KECAMATAN SEMARANG TIMUR
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) Peran aparat kelurahan dalam upaya mensosialisasikan pendidikan anti korupsi di Kelurahan Bugangan Kecamatan Semarang Timur yaitu (a) memberikan bimbingan/pembinaan melalui kegiatan rapat dan seminar. (b) melakukan pengawasan secara langsung kepada masyarakat maupun secara tidak langsung melalui pelibatan RT dan RW. (c) memberikan keteladanan dengan tidak memungut biaya administrasi, bersikap jujur, terbuka, bertanggungjawab, disiplin dan amanah. (d) memberikan motivasi melalui pidato dalam kegiatan upacara peringatan kemerdekaan 17 agustus, rapat bersama dan kegiatan masyarakat. (e) menjadi narasumber dan fasilitator dalam kegiatan seminar dan rapat bersama.
(2) Hambatan-hambatan yang ditemui berupa: (a) Kurangnya dukungan dari masyarakat terhadap kegiatan yang diselenggarakan aparat keluruhan sebagai upaya mensosialisasikan pendidikan anti korupsi. (b) Sikap masyarakat yang acuh tak acuh atau kurang perduli, dan tidak berpartisipasi untuk ikut mensosialisasikan anti korupsi kepada orang lain.
Kata Kunci: Aparat Kelurahan, Sosialisasi dan Pendidikan Anti Korupsi. Berikut selengkapnya:
Purwanto Sigit. N*
Rosalina, B r. Ginting **
Agus Suprijanto**
Prodi PPKn FPIPSKR UPGRIS, E-mail [email protected]
** Dosen Pembimbing Prodi PPKn FPIPSKR UPGRIS

Dikirimkan melalui email : [email protected]