Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Posted on
Ilmu komunikasi merupakan salah satu jurusan kuliah peminatan ilmu sosial yang kaya diminati. Jurusan ini dipelajari di fakultas ilmu sosial dan politik (FISIP). Ilmu komunikasi sanggup dikatakan adonan antara seni dan kemampuan berkomunikasi. Ilmu komunikasi mempelajari tata cara berkomunikasi dan penggunaan bermacam media komunikasi sebagai sarana komunikasi dalam masyarakat. Ilmu komunikasi terdiri dari sedikit cabang atau konsentrasi diantaranya merupakan broadcasting, jurnalistik, public relations, administrasi media, advertising, komunikasi bisnis, dan komunikasi massa.
Berikut sedikit cabang ilmu komunikasi yang kaya diminati :
  1. Konsentrasi Broadcasting

    Konsentrasi broadcasting bertujuan untuk menghasilkan lulusan profesional di bidang penyiaran atau reportase. Pada konsentrasi ini mahasiswa akan berguru bermacam ilmu broadcasting ibarat tatacara penyiaran, pembuatan script, editing, teknik memimpin penyiaran (sutradara) dan sebagainya.
  2. Konsentrasi Jurnalistik

    Seiring dengan berkembangnya teknologi dan media komunikasi, konsentrasi jurnalistik semakin diminati. Pada konsentrasi ini, perkuliahan berfokus pada kemampuan mencari, menulis, mengolah, dan membuatkan infomrasi. Mahasiswa akan diajarkan bagaimana caranya menjadi seorang jurnalis yang cerdas yang terdapat kemampuan untuk mengolah bermacam insiden menjadi sebuah informasi yang menarik dan layak untuk dibagikan ke masyarakat.
  3. Konsentrasi Public Relation

    Pada konsentrasi public relation, perkuliahan dititikberatkan kepada tata cara bekomunikasi yang efektif dengan orang lain supaya sanggup mengutarakan poin-poin penting yang akan disampaikan dengan cara yang benar dan menarik sesampai kemudian pesan tersebut sanggup diterima dengan baik pula.
  4. Konsentrasi Manajemen Media

    Manajemen media atau administrasi komunikasi merupakan konsentrasi yang berfokus pada pengolaan media komunikasi dan pemasaran. Kajian administrasi media fokus pada corporate and mareketing communication. Manajemen Komunikasi bertujuan menghasilkan sarjana yang terdapat keterampilan dasar komunikasi, manajerial, aspek teoritis komunikasi, menguasai teknologi informasi dan komunikasi, dan bisa mengaplikasikannya.
  5. Konsentrasi Advertising

    Konsentrasi advertising memfokuskan kajiannya pada bidang periklanan. Konsentrasi ini mempelajari tatacara penyampaian pesan melalui gambar, tulisan, video, animasi, dan sebagainya yang tujuannya untuk mempromosikan suatu produk atau gagasan tertentu. Konsentrasi advertising juga disebut ilmu komunikasi desain visual.
  6. Konsentrasi Komunikasi Bisnis

    Komunikasi bisnis merupakan perpaduan antara kemampuan komunikasi dan bisnis. Konsentrasi ini fokus pada penggunaan media dan kemampuan komunikasi sebagai penunjang bisnis untuk membangun gambaran dan mengembangkan suatu merek atau produk.

Peluang Kerja Ilmu Komunikasi

Komunikasi merupakan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Tanpa komunikasi interaksi antara masyarakat tak akan terjadi dan kehidupan tak akan berlangsung ibarat kini ini. Oleh alasannya itu, orang yang mahir di bidang ilmu komunikasi kaya diperlukan di dunia kerja. Berikut beberpa prospek kerja yang menjanapabilan bagi lulusan ilmu komunikasi :

  1. Public Relation Officer (Humas)
    Jika anda lulusan ilmu komunikasi khususnya konsentrasi public relation, maka anda akan berpeluang besar menjadi seorang public relation officer yang mewakili perbisnisan kawasan anda bekerja untuk mewujudkan korelasi serasi dengan para klien dan memberikan gagasan-gagasan yang menarik dan benar supaya reputasi perbisnisan tetap terjaga di mata masyarakat.
  2. Jurnalis, Presenter, Announcer
    Jika anda merupakan orang yang bercita-cita menjadi seorang jurnalis, maka berkuliah di jurusan ilmu komunikasi akan mewujudkan hal tersebut. Ambillah konsentrasi jurnalistik maka peluang anda untuk terjun di dunia jurnalis akan semakin besar. Lulusan jurnalistik sanggup bekerja sbagai wartawan di media cetak, media online, atau televisi, presenter, announcer, kameramen, penulis script, inginpun biro promosi kehumasan.
  3. Broadcaster
    Lulusan ilmu komunikasi khusunya di bidang broadcaster terdapat peluang yang besar untuk berkarir di dunia penyiaran. Anda sanggup bekerja produser, sutradara, reporter, penyiar TV, penyiar radio, konsultan multimedia, pembuat film, dan sebagainya yang bekerjasama dengan dunia penyiaran.
  4. Master of Ceremony
    Master of ceremony (MC) menjadi peluang kerja yang cukup anggun bagi lulusan ilmu komunikasi alasannya keahlian berkomunikasi yang dipelajari selama proses perkuliahan akan menjadi nilai lebih bagi lulusannya dibanding mereka yang berguru menjadi MC secara otodidak.
  5. Advertiser
    Jika anda kuliah di ilmu komunikasi konsentrasi advertising, maka berkarir sebagai advertiser merupakan pilihan karir yang menjanapabilan. Sebagaimana yang kita tahu, periklanan di dunia ini terus berkembang pesat dan setiap perbisnisan ingin memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Sebagai teknisi periklanan anda sanggup bekerja sebagai project leader advertising, copy writer, camera person, media planner, dan sebagainya.
  6. Event Organiser
    Salah satu peluang karir yang menjanapabilan penghasilan fantastis merupakan event organiser. Mereka yang kuliah di jurusan ilmu komunikasi umumnya akan mempelajari teknik-teknik komunikasi dan organisasi sesampai kemudian lulusannya cenderung terdapat keahlian untuk menghelat suatu event besar mulai dari konsep, proses, hingga kemudian keberlangsungan event tersebut.
  7. Marketing Communications
    Lulusan ilmu komunikasi bidang komunikasi bisnis terdapat peluang yang cukup besar untuk bekerja di perkantoran sebagai penyusun dan perancang seni administrasi komunikasi pemasaran yang sesuai untuk perbisnisan. Marketing communications menguasahakan supaya pemasaran menjadi lebih menarik dan efektif menurut ilmu komunikasi dan bisnis.