Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

Posted on
Jika anda merupakan orang yang berminat dengan data dan segala hal yang berafiliasi dengan komputer, maka teknik informatika sanggup menjadi pilihan yang manis bagi anda untuk menggeluti dunia komputer dikala melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tinggi. Teknik informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu yang mengkaji dan menangani permasalahan transformasi dan pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer menurut logika pemrograman. Jika anda menentukan teknik informatika, maka anda akan berguru seputar pemrograman dan komputasi data, rekayasa perangkat lunak, dan teknologi jaringan komputer.

Teknik Informatika termasuk bidang atau jurusan yang paling diminati di Indonesia. Apalagi perkembangan teknologi gosip yang semakin canggih membuat kaya murid tertarik dengan disiplin ilmu tersebut. Banyaknya jumlah peminat juga didukung dengan besarnya peluang kerja bagi lulusan teknik informatika. Ketika kuliah di bidang teknik informatika, maka kemampuan teori dan praktik anda akan dilatih sesampai lalu dibutuhkan anda tak hanya menguasai teori saja tenamun juga selaras dengan kemampuan praktik anda. Jika anda berminat, berikut sedikit bidang ilmu dalam teknik informatika :
  1. Sistem Informasi

    Sistem gosip merupakan jurusan yang berkonsentrasi pada perancangan, dan pengoperasian sistem gosip khusunya dalam bentuk perangkat lunak. Mahasiswa akan mempelajari konsep dan kerangka sistem informasi, teknik perancangan, pengembangan, pengetesan, dan pemeliharaan sistem pernagkat lunak (software).

    Jika anda merupakan lulusan dari sistem informasi, maka anda terdapat peluang besar untuk berkarir sebagai sistem analis dan sistem integrator, software tester, ataupun programmer. System analyst merupakan staf andal yang bertugas untuk merancang dan memelihara sistem infromasi perbisnisan. System analyst bertanggungjawab untuk menganalisis sistem atau jadwal yang berbasis teknologi dan gosip untuk menemukan solusi permasalahan sistem yang terjadi.

  2. Pemrograman dan Komputasi

    Jurusan pemograman dan komputasi mempelajari wacana bahasa pemrograman komputer dan logika dalam bidang komputasi. Mahasiswa akan diajarkan bagaimana menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup komputasi, komputasi Paralel, sistem terdistribusi, dan teknologi antar jaringan menurut logika pemrograman.
    Lulusan dari bidang pemrograman dan komputasi berpeluang besar berkarir sebagai programmer, IT consultant, web engineer, dan sebagainya. Programmer merupakan staf andal yang sanggup bertugas dalam pembuatan jadwal komputer untuk mempermudah fungsi-fungsi tertentu. Programmer sanggup bekerja di kaya bidang bisnis ibarat bidang perbankan, telekomunikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan sebagainya.
  3. Rekayasa Perangkat Lunak

    Sesuai dengan namanya, bidang ini difokuskan pada ilmu rekayasa perangkat lunak (software). Mahasiswa yang mengambil bidang ini akan berguru materi-materi rekayasa perangkat lunak ibarat analisa dan desain obyek, penyempurnaan proses rekayasa, inspeksi perangkat lunak, rekayasa perangkat Lunak, dan pemrograman basis data client server.
    Peluang kerja lulusan bidang ini antara lain software tester, IT consultant, software engineer, system analyist, dan sebagainya. Software tester merupakan staf andal yang bertugas menguji perangkat-perangkat lunak yang dipakai dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa sofware yang dipakai bekerja sesuai fungsinya.
  4. Arsitektur dan Jaringan Komputer

    Arsitektur dan jaringan komputer merupakan disiplin ilmu yang mempelajari wacana arsitektur komputer, organisasi komputer, elektronika, sistem digital, sistem mikroprosesor, jaringan Komputer, dan pengembangannya.
    Salah satu prospek kerja yang menjanapabilan di bidang ini merupakan Computer Network/Data Communication Engineer. Computer network engineer merupakan staf andal yang bertugas untuk merancang arsitektur jaringan, serta melaksanakan perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu instansi atau perbisnisan.
Secara umum lulusan teknik informatika sanggup bekerja di kaya bidang yang berkaitan dengan komputer dan perangkat lunak. Selain profesi yang diterangkan di atas, lulusan teknik informatika juga sanggup bekerja sebagai web engineer, database engineer, dan intelligent system developer serta bidang lain yang berafiliasi dengan komputer, data, jaringan, dan perangkat lunak.
Baca Juga:   Tips Menghapal Dan Memahami Rumus Glbb