Soal Dan Pembahasan Aturan I Newton Perihal Gerak

Posted on

Hukum I Newton

  1. Tentukan besar gaya normal yang dikerjakan lantai pada benda ibarat gambar kalau massa benda 10 kg.
    Pembahasan :
    Untuk membahas soal perihal gerak, selalu analisis arah gerak dan komponen gaya yang bekerja pada benda. Pada gambar, benda tak bergerak baik pada arah horizontal (sumbu x) inginpun arah vertikal (sumbu y).

    Oleh lantaran itu, berlaku aturan I Newton. Untuk membantu menganalisis soal, gambarkan gaya-gaya yang bekerja pada benda tersebut ibarat berikut :

    Karena gaya normal N merupakan gaya yang bekerja pada sumbu y, maka tinjau gerak vertikal saja. Dari gambar terperinci terlihat bahwa gaya normal N dan gaya berat W terdapat arah yang berlawanan, sesampai kemudian :

    N – W = 0
    N = W
    N = m g = 10 (10) = 100 N.

  2. Tentukan besar gaya normal yang dikerjakan lantai pada benda ibarat gambar dengan massa benda 5 kg.
    Pembahasan :
    Pada soal, benda tak mengalami gerak baik pada sumbu x inginpun sumbu y. Oleh lantaran itu juga berlaku aturan I Newton.

    Dari gambar di atas diterangkan bahwa gaya 10 N yang bekerja dengan sudut 53 derajat terlebih dahulu diuraikan menjadi Fx dan Fy. Karena kita hendak menhitung gaya normal N, maka yang kita tinjau merupakan gaya-gaya yang bekerja pada sumbu y. Dengan begitu Fx tak perlu dihitung. Maka gambarnya akan menjadi ibarat ini :

  3. Pada gambar diketahui massa benda 2 kg. Hitunglah gaya normal yang dilakukan dinding pada benda.
    Pembahasan :
    Benda tak bergerak maka berlaku aturan I Newton. Sama ibarat soal 1 dan 2, terlebih dahulu gambar gaya-gaya yang bekerja pada benda kemudian uraikan gaya 15 N menjadi Fx dan Fy ibarat gambar berikut :


    Karena gaya normal N yang dilakukan dinding dalam arah mendatar (sumbu x), maka yang kita tinjau merupakan gaya-gaya pada sumbu x, sesampai kemudian sanggup disimpelkan menjadi ibarat ini :

more>>

Baca Juga:   Kumpulan Soal Dan Pembahasan Susunan Kapasitor