Soal Dan Pembahasan Pemantulan Pada Cermin Datar

Posted on
Cermin datar merupakan sebuah benda bening yang terdapat permukaan halus dan mengkilap sesampai kemudian bisa memantulkan cahaya secara teratur (specular reflection). Untuk mengetahui sifat bayangan yang terbentuk pada cermin datar, kita sanggup melukiskan bayangan sebuah benda yang berada di depan cermin dengan memakai aturan pemantulan Snellius yang telah dibahas pada artikel aturan pemantulan cahaya.
Sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin datar merupakan :

Maya atau semu

Bayangan berada di belakang cermin sesampai kemudian bersifat maya atau semu. Bayangan dikatakan maya apabila bayangan tak sanggup ditangkap oleh layar.

Tegak

Ingat bahwa bayangan yang bersifat maya niscaya tegak. Dengan kata lain maya selalu berpasangan dengan tegak (kecuali pada mikroskof).

Sama besar

Bayangan yang terbentuk sama besar dengan benda. Dengan kata lain pada cermin datar perbesarannya sama dengan 1. Dengan begitu tinggi bayangan yang terbentuk juga akan sama dengan tinggi benda.

Jarak benda dan jarak bayangan sama

Karena perbesaran sama dengan satu, maka jarak benda ke cermin (S) akan sama dengan jarak bayangan yang terbentuk ke cermin (S’).

Pertukaran sisi
Bayangan yang terbentuk pada cermin datar menghadap berlawanan arah (terbalik) terhadap bendanya. Jika anda bangkit di depan cermin, amatilah bahwa bab bayangan sebelah kanan anda seharusnya berada di sebelah kiri apabila bayangan tersebut merupakan benda.

Atau berdirilah berhadapan dengan teman anda, anggap teman anda sebagai bayangan anda, maka akan terlihat bahwa asisten teman anda menjadi bayangan tangan kiri anda begitu sebaliknya.

 Cermin datar merupakan sebuah benda bening yang terdapat permukaan halus dan mengkilap se SOAL DAN PEMBAHASAN PEMANTULAN PADA CERMIN DATAR

Jumlah Bayangan Pada Cermin Datar

Jika sebuah benda diletakkan di depan dua buah cermin datar yang saling membentuk sudut α, maka jumlah bayangan yang dihasilkan oleh cemin datar bergantug pada besar sudut yang mereka bentuk. 
n = 360o − 1
  α
Baca Juga:   Contoh Soal Memilih Perbandingan Berpengaruh Medan Gravitasi

Dengan :
n = kaya bayangan
α = sudut yang dibuat oleh dua cermin datar