Soal Latihan Dan Tanggapan Perbedaan Kecepatan Dan Kelajuan

Posted on
Soal latihan fisika ini dikumpulkan untuk membantu siswa mempelajari fisika menurut topik atau bahan tertentu. Soal pilihan berganda ini terdiri dari sedikit seri yang disusun menurut model soal dan tingkat kesulitan. Pada bab ini, topik yang akan kita bahas merupakan Perbedaan kecepatan dan kelajuan. Target dari latihan ini merupakan siswa sanggup membedakan besaran vektor dan besaran skalar dan memahami konsep tersebut untuk membedakan nilai kecepatan dan kelajuan dari gerak suatu benda. 
  1. Seorang supir mengendarai mobilnya ke timur sejauh 40 m lalu berbelok ke arah selatan sejauh 30 m. Jika waktu yang diharapkan supir tersebut merupakan 15 detik, maka kecepatan dan kelajuan kendaraan beroda empat tersebut merupakan ….
    A. 4,6 m/s dan 3,3 m/s
    B. 3,3 m/s dan 4,6 m/s
    C. 3,6 m/s dan 4,3 m/s
    D. 4,3 m/s dan 3,6 m/s
    E. 4,6 m/s dan 4,6 m/s

  2. Jika waktu yang diharapkan seorang anak untuk berlari ke arah barat sejauh 8 m dan berbelok ke utara sejauh 6 m merupakan 5 detik, maka kecepatan anak tersebut merupakan …..
    A. 2 m/s
    B. 3 m/s
    C. 4 m/s
    D. 5 m/s
    E. 6 m/s

  3. Seorang anak berlari dari titik A ke titik B lalu kembali ke titik A dalam waktu 5 detik. Jika jarak dari A ke B merupakan 15 m, maka anak tersebut berlari dengan kelajuan …..
    A. 8 m/s
    B. 6 m/s
    C. 4 m/s
    D. 3 m/s
    E. 2 m/s

  4. Seorang pelari berlari pada lintasan berbentuk bulat dengan keliling bulat 800 meter dalam waktu 1 menit 12,5 detik. Jika garis start merupakan garis finish, maka kecepatan pelari tersebut merupakan ….
    A. 0
    B. 11 m/s
    C. 9,2 m/s
    D. 8,6 m/s
    E. 4 m/s

  5. Sebuah kendaraan beroda empat melaju ke arah timur sejauh 80 m lalu berbalik arah ke barat sejauh 40 m. Setelah itu, kendaraan beroda empat kembali melaju ke arah utara sejauh 30 m. Jika kecepatan kendaraan beroda empat tersebut sama dengan 6,25 m/s, maka waktu yang digunakannya merupakan…
    A. 8 s
    B. 6 s
    C. 5 s
    D. 4 s
    E. 3 s

 
Baca Juga:   Soal Latihan Dan Balasan Fisika Lensa Cekung