Solusi / Cara Mengatasi Gagal Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2019.c Karena Terdeteksi Database Dimodifikasi Ilegal dan Tidak Terhubung Dengan Database

Posted on
Sahabat Operator Dapodik yang berbahagia… Pada saat proses instalasi aplikasi Dapodik versi 2019.c untuk entry data pendidikan di semester 2 (genap) tahun pelajaran 2018/2019 ternyata tidak semudah seperti pada instalasi aplikasi Dapodik sebelumnya. Di mana dalam prosesnya ada teman operator yang mengalami seperti pada nomor 1 dan saya saya pun mengalami di nomor 2. Dua masalah gagal install tersebut adalah sebagai berikut:
1.   Terdeteksi bahwa pengaturan database telah dimodifikasi secara ilegal. Aplikasi tidak dapat dibuka. Mohon install ulang aplikasi untuk dapat menggunakan Dapodik kembali.

2.   Tidak terhubung dengan database. #2 Versi aplikasi saat ini 2019.c

Jika teman-teman operator Dapodik ada yang mengalami masalah demikian silahkan dicoba melakukan langkah-langkah sebagai berikut mudah-mudahan menjadi solusi gagal instalasi aplikasi Dapodik versi 2019.c tersebut dengan cara:
1.   Uninstall aplikasi Dapodik Versi 2019.c

2.   Hapus seluruh isian di Program File / Program File (x86) ->  Hapus seluruh isian di dalam folder “Dapodik”, kemudian hapus juga folder “Dapodik”. Jika gagal menghapus folder tersebut, silahkan Rename (ubah nama file) “Dapodik” tersebut menjadi “Dapodik Lama” misalnya.


3.   Selanjutnya lakukan instalasi ulang Dapodik seperti biasanya.

4.   Selesai dan Anda akan ditampilkan ke http://localhost:5774/registrasi.

Demikian solusi mudah mengatasi gagal instal aplikasi Dapodik versi 2019.c. Jika dengan langkah di atas tidak juga mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mencoba uninstal aplikasi Dapodik dengan menggunakan aplikasi Your Uninstaller. Namun, alhamdulillah, saya sendiri tidak sampai menggunakan aplikasi Your Uninstaller ternyata dengan cara di atas, aplikasi Dapodik Versi 2019.c sudah berhasil diinstall. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas…!