Tahapan Alur Cerita: Pengertian Alur Dan Jenis Alur

Posted on

Tahapan Alur Cerita: Pengertian Alur Dan Jenis Alur – Tahapan alur dongeng merupakan hal yang masuk akal dijumpai dalam proses pembuatan dongeng baik itu cerpen, novel, fiksi, fabel dan lain sebagainya. Alur dongeng terdiri dari alur maju, alur mundur, dan alur campuran. Penggunaan alur dongeng juga tak hanya dipakai untuk karya tulis. Sebuah pementasan drama juga memerlukan alur untuk mengatur jalannya cerita. Lalu bahwasanya apa pengertian alur dalam cerita? berikut merupakan bahan wacana pengertian dan tahapan alur cerita

Alur Cerita (Pengertian Alur Dan Jenis Alur)

Artikel kali ini akan membahas wacana tahapan alur atau lebih tepatnya tahapan alur dalam cerita. Materi alur dongeng kali ini akan dibagi menjadi dua bab ialah Pengertian Alur dan Jenis Alur. Berikut merupakan pembahasannya.

 Tahapan alur dongeng merupakan hal yang masuk akal dijumpai dalam proses pembuatan dongeng baik  Tahapan Alur Cerita: Pengertian Alur Dan Jenis Alur

Pengertian Alur Cerita
Alur merupakan jalan dongeng yang berbentuk rangkaian kejadian dari awal dongeng hingga selesai cerita. Alur sendiri berfungsi untuk mengatur jalannya sebuah cerita, Tanpa alur yang jelas maka dongeng tak akan terdapat konsep dan jalan yang baik.

Jenis Alur Cerita

Alur Maju
Alur maju merupakan alur dongeng yang kerap dijumpai dalam dongeng berbentuk cerpen dan novel. penggunaan alur dongeng maju sangat gampang dan mudah lantaran latar dan waktu dongeng berjalan dari awal waktu hingga kemudian selesai waktu.

Alur Mundur
Alur mundur merupakan kebalikan dari alur maju. Alur maju cenderung digunaan untuk dongeng yang terdapat konsep Flashback”. Penggunaan alur mundur sangat terkenal dipakai untuk menceritakan pengalaman seseorang inginpun masalalu seseorang.

Alur Campuran
Alur adonan merupakan gabungan dari alur maju dan alur mundur. Meskipun penggunaanya sangat kompleks dan terkesan rumit namun penggunaan alur adonan sangat digemari untuk menceritakan karangan novel inginpun drama.

Baca Juga: Contoh Cerpen Singkat Tentang Persobatan

Tahapan Alur Cerita

Untuk membuat sebuah alur atau jalan dongeng tentunya harus memperhatikan tahapan-tahapan tertentu semoga sanggup membuat alur dongeng yang menarik. berikut merupakan tahapan alur yang dipakai untuk membuat cerita

Baca Juga:   Contoh Cerpen Singkat Perihal Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur Dan Tema)

Tahap Perkenalan 
Dalam tahap ini pengarang harus memperkenalkan tokoh-tokoh yang akan terlibat dalam cerita, dan menawarkan sedikit citra wacana latar kawasan dan jalannya cerita. Tahap perkenalan juga kerap disebut sebagai tahap eksposisi lantaran bersifat memaparkan isu meskipun hanya sebagian saja.

Tahap Konflik
Pada tahap ini menceritakan tokoh utama yang terlibat sebuah duduk masalah dengan individu inginpun sebuah kelompok. Tahap konflik sanggup dikembangkan menjadi tahapan konflik yang lebih panas.

Tahap Komplikasi
Pada tahap ini, tokoh utama terlibat permasalahan yang lebih serius dengan tokoh lainnya. Tahapan ini merupakan lanjutan dari tahap konflik sebelumnya. Ciri-ciri dari tahap komplikasi merupakan terjadinya perbedaan pendapat inginpun rasa egois yang terjadi antar tokoh.

Baca Juga : Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia

Tahap Klimaks
Tahap titik puncak merupakan tahapan konflik yang sudah ada dipuncak permasalahan. Tahapan ini ditandai dengan adanya jalan penyelesaian dari duduk masalah yang ditawarkan oleh masing-masing tokoh. Tokoh yang bersifat protagonis cenderung menentukan jalan penyelesaian secara baik dan kekeluargaan namun tokoh protagonis akan menentukan jalan penyelesaian sesuka hatinya. Kehadiran pihak ketiga atau kerap disebut tritagonis merupakan sebagai penengah antara tokoh antagonis dan tokoh protagonis.

Tahap Anti Klimaks
Pada tahap ini permasalahan mulai meredam dan berkurang, para tokoh menuntaskan permasalahan menurut akad inginpun tak.

Tahap Penyelesaian
Tahap penyelesaian merupakan Ending dari sebuah cerita. Terdapat dua jenis ending ialah sad ending dan happy ending. Happy ending terjadi apabila tokoh protagonis memenangkan perselisihan dan Sad ending terjadi apabila tokoh antagonis memenangkan perselisihan.

Itulah Tahapan Alur Cerita, Pengertian Alur, Dan Jenis Alur yang sanggup materi4belajar sampaikan. Terimakasih