Teknik Dan Tips Menggambar Memakai Crayon

Posted on
Crayon merupakan salah satu alat menggambar dan mewarnai yang kaya dipakai bawah umur sebagai pekompleks acara berguru di sekolah. Sepintas crayon terlihat menyerupai lilin namun lebih lembut dari lilin. Pada artikel sebelumnya, admin telah memaparkan karakteristik crayon dan perbedaannya dengan pastel oil. Cat crayon termasuk alat gambar yang relatif gampang digunakan, terdapat warna yang cukup cerah, dan sanggup dipakai untuk mewarnai area yang luas lebih baik apabila dibandingkan dengan cat kayu atau pensil warna.

Teknik Menggambar Dengan Crayon

Sama halnya dengan semua acara menggambar, hal utama yang harus kita fikirkan merupakan tema atau konsep yang akan kita gunakan dalam menggambar. Paling tak kita harus memiliki citra dalam kepala kita seputar hasil selesai dari gambar yang akan kita buat. Untuk mudahnya kita sanggup memakai gambar teladan yang ada di buku atau benda di sekitar kita.

Berikut sedikit hal penting yang sebaiknya kita perhatikan dikala menggambar dengan crayon :
Fokuslah pada bentuk atau wujud gambar utama contohnya apabila anda ingin menggambar sebuah rumah, maka fokuslah pada bentuk rumah dan bagian-bagiannya lagikan ornamen pekompleks pada bab jendela atau pintu sanggup ditambahkan pada tahap selanjutnya.

Buatlah skema dengan memakai pensil HB atau 2B dengan cara membuat gesekan halus yang menjadi ancang atau permodelan untuk gambar sesungguhnya.

Karena kita akan menggambar memakai crayon, maka pada dikala anda membuat skema bisniskan jangan menekan pensil terlalu keras alasannya yaitu apabila terlalu keras, maka gesekan akan meninggalkan bekas atau lekukan dikala dihapus. Saat kita lapisi dengan crayon, lekukan itu akan tetap terlihat sesampai kemudian mengurangi keindahan gambar anda.

Baca Juga:   Sejarah Perkembangan Seni Rupa Prasejarah Sampai Modern

Jika skema sudah jadi, selanjutnya anda sanggup eksklusif memakai crayon untuk mewarnai atau apabila anda masih belum yakin dengan gesekan halus tersebut, anda sanggup sedikit mempertegas skema tersebut dengan pensil warna hitam sebelum mewarnainya.

Teknik Mewarnai Dengan Crayon

Tahap selanjutnya merupakan mewarnai gambar atau skema anda. Pada dasarnya mewarnai dengan crayon hampir sama dengan memakai pensil warna, hanya saja alasannya yaitu abjad yang berbeda maka dibutuhkan teknik yang berbeda pula. Berikut sedikit teknik yang sanggup kita praktikan untuk menghasilkan gambar crayon yang indah :

  1. Blocking
    Blocking merupakan teknik memblok bidang gambar dengan warna tertentu dengan sapuan halus. Misalnya anda akan mewarnai daun pohon, maka warna muda yang sanggup anda gunakan untuk blocking merupakan warna hijau muda atau kuning. Sapukan crayon hijau muda dengan halus ke bab daun secara keseluruhan.
  2. Gradasi
    Setelah proses blocking selesai, maka selanjutnya anda sanggup mewarnai atau melapisi bab yang sebelumnya sudah diblock dengan warna lain yang seirama dan bertingkat sesampai kemudian dihasilkan gradasi warna yang indah dan menarik. Misalnya anda sanggup melapisi warna daun dengan warna hijau bau tanah dan memadukannya sedemikian rupa sesampai kemudian dihasilkan efek daunnya dengan gelap terperinci yang apik. Teknik menyerupai ini disebut teknik terperinci gelap.

    Selain itu anda juga sanggup memakai teknik gradasi gelap terperinci yaitu mendahulukan warna yang gelap terlebih dahulu kemudian ditransisikan dengan warna yang lebih muda. Untuk menghasilkan gambar yang lebih hidup anda harus kreatif dalam memadukan teknik yang anda gunakan. Bisa saja anda memakai kedua teknik tersebut dalam satu area.

     Crayon merupakan salah satu alat menggambar dan mewarnai yang kaya dipakai anak TEKNIK DAN TIPS MENGGAMBAR MENGGUNAKAN CRAYON
    Sebagai tips tambahan, biasanya cat crayon yang gres kita beli sudah disusun menurut tingkat warna yang berdekatan oleh alasannya yaitu itu bisniskan meletakkan mereka kembali sesuai dengan tempatnya semoga memudahkan kita dalam menghasilkan gradasi. Sebagian car juga dikompleksi dengan nomor sesampai kemudian kita sanggup menyusunnya secara berurut.
  3. Mixing
    Langkah selanjutnya merupakan mixing atau pencampuran. Tahap ini dilakukan untuk menghasilkan gambar yang lebih hidup dengan pencampuran gradasi yang telah digoreskan sebelumnya. Ada dua teknik mixing yang sanggup anda coba sesuai dengan kebutuhan anda yaitu teknik gesekan linear dan gesekan circular. Jika anda ingin mewarnai gambar langit, maka anda sanggup memakai gesekan linear.
  4. Finishing
    Tahap selesai merupakan tahap finishing. Teknik yang kita gunakan merupakan menghaluskan warna pada bagian-bagian yang belum sempurna. Pada tahap ini kita sanggup menambahkan aksen-aksen pekompleks semoga gambar lebih menarik. Pada sedikit praktik, anda juga sanggup melaksanakan scrabbing atau pengerokan yaitu mengerok bab tertentu dari gambar anda menngunakan scrabber untuk penyempurnaan.

Demikian teknik menggambar dan mewarnai dengan crayon, semoga bermanfaat.