Tips Cepat Memahami Penjumlahan Bilangan Lingkaran Negatif

Posted on

– Penjumlahan Bilangan Negatif. Operasi bilangan bundar negatif kerapkali dianggap sulit oleh sebagian murid yang tak memahami konsep bilangan negatif. Tidak jarang, seorang murid menghabiskan waktu cukup usang untuk berfikir ketika ditanyai penyelesaian dari suatu operasi bilangan bundar negatif. Adakalanya murid sanggup menjawab dengan gampang penjumlahan bilangan kasatmata yang rumit, namun kesulitan ketika diminta menuntaskan penjumlahan bilangan negatif yang simpel. Oleh alasannya yakni itu, pada hari ini ini, edutafsi akan membagikan sebuah tips cara memahami penjumlahan bilangan negatif. Semoga melalui pembahasan ini, teman-teman jadi paham konsep bilangan negatif.

A. Pengertian Bilangan Bulat Negatif

Bilangan bundar negatif merupakan bilangan bundar yang berada di sebelah kiri nol pada garis bilangan, mulai dari -1, -2, -3, -4, -5, dan seterusnya. Pada dasarnya, bilangan negatif merupakan invers atau lawan dari bilangan positif.

Pada bilangan bundar positif, semakin besar angkanya maka akan semakin besar nilainya. Sementara pada bilangan bundar negatif, semakin besar angkanya justru semakin kecil nilainya. Nilai terbesar pada bilangan negatif merupakan -1.

Pada garis bilangan sanggup teman-teman lihat bahwa bilangan negatif berada di sebelah kiri nol. Itu artinya, semua bilangan negatif nilainya lebih kecil dari nol dan lebih kecil dari bilangan positif. Misalnya, negatif 300 lebih kecil dari 0 (-300 < 0) atau negatif 6 lebih kecil daripada 16 (-6 < 16), dan sebagainya.

Sementara untuk sesama bilangan negatif, semakin ke kiri letaknya di dalam garis bilangan maka akan semakin kecil nilainya. Sebagai contoh, negatif 40 nilainya lebih kecil dibanding negatif 12 (-40 < 12) lagikan negatif 1 lebih besar daripada negatif 30 (-1 > -30).

B. Penjumlahan Bilangan Negatif

Sebenarnya, prinsip penjumlahan bilangan negatif sama saja dengan penjumlahan bilangan positif. Hanya saja ada hukum yang harus kita pahami seputar konsep bilangan negatif. Tanda negatif (minus) akan mensugesti hasil penjumlahan.

Salah satu cara yang sanggup kita gunakan untuk memahami konsep bilangan negatif merupakan dengan analogi uang dan hutang. Dalam analogi uang dan hutang, bilangan kasatmata dianggap sebagai jumlah uang yang kita miliki, lagikan bilangan negatif dianggap sebagai hutang.

Baca Juga:   Tipe Mencar Ilmu Visual, Auditori, Dan Kinestetik

Lalu bagaimana analogi uang dan hutang sanggup dipakai untuk menuntaskan penjumlahan bilangan negatif? Untuk lebih terangnya, mari kita sedikit bentuk penjumlahan bilangan negatif dan misalnya berikut ini.

#1 Penjumlahan Bilangan Negatif dan Bilangan Positif
Model yang pertama merupakan penjumlahan bilangan negatif dengan bilangan positif. Untuk menguasai konsep penjumlahan ini, kita harus memperhatikan sebuah sifat dasar penjumlahan menyerupai yang terlihat pada rumus berikut:

-a + b = b – a

Pada sifat di atas, sanggup kita lihat bahwa negatif a ditambah b itu sama dengan b dikurang negatif a. Sifat ini sanggup kita manfaatkan untuk menuntaskan penjumlahan bilangan negatif sesuai dengan cara yang paling gampang buat kita.

Untuk terangnya, perhatikan pola berikut:
1). -24 + 20 = 20 – 24 = -4
2). -8 + 10 = 10 – 8 = 2

Nah, kini mari kita coba pahami penyelesaian pola di atas dengan analogi uang dan hutang. Untuk masing-masing contoh, akan edutafsi terangkan dua caranya.

Untuk pola pertama (-24 + 20 = 20 – 24 = -4), cara memahaminya merupakan kita punya hutang sebesar 24 dolar kemudian dibayar dengan uang 20 dolar, maka hutang kita masih ada sebesar 4 dolar. Atau dengan bahasa lain, kita punya uang 20 dolar dipakai untuk membayar hutang sebesar 24 dolar, maka kita masih punya hutang 4 dolar.

Dengan begitu ada dua cara berfikir untuk menuntaskan soal pertama, yaitu:
a). -24 + 20 = -4 (Hutang 24, dibayar 20, sisa hutang 4)
b). 20 – 24 = -4 (Uang 20, dipotong hutang 24, sisa hutang 4).

Untuk pola kedua (-8 + 10 = 10 – 8 = 2), cara memahaminya merupakan kita punya hutang sebesar 8 dolar kemudian dibayar dengan uang 10 dolar, maka hutang kita lunas dan uang kita bersisa 2 dolar. Atau dengan bahasa lain, kita punya uang 10 dolar dipakai untuk membayar hutang sebesar 8 dolar, maka kita masih punya uang sebesar 2 dolar.

Dengan begitu ada dua cara berfikir untuk menuntaskan soal kedua, yaitu:
a). -8 + 10 = 2 (Hutang 8, dibayar 10, sisa uang 4)
b). 10 – 8 = 2 (Uang 10, dipotong hutang 8, sisa uang 4).

Baca Juga:   Cara Mengatasi Anak Yang Malas Belajar, Orangtua Perlu Tahu!

Dari dua pola di atas sanggup kita ambil kesimpulan, yaitu apabila angka bilangan negatifnya lebih besar dari angka bilangan positif, maka hasil penjumlahannya negatif. Sebaliknya, apabila angka bilangan negatifnya lebih kecil dari angka bilangan positif, maka hasil penjumlahannya positif.

Dengan memakai analogi uang hutang, apabila hutang kita lebih besar dari uang, maka hasil penjumlahannya merupakan negatif (kita masih punya hutang). Sebaliknya, apabila uang kita lebih besar dari hutang, maka hasil penjumlahannya kasatmata (kita masih punya uang).

Baca juga : Kumpulan Rumus Cepat Matematika.

#2 Penjumlahan Bilangan Negatif dan Bilangan Negatif
Model yang kedua yaitu penjumlahan bilangan negatif dengan bilangan negatif. Jika dua buah bilangan negatif dijumlahkan, maka karenanya merupakan bilangan negatif. Dengan konsep hutang, apabila hutang dijumlahkan dengan hutang, makan karenanya merupakan hutang.

Untuk memahami konsep ini, kita juga perlu memahami sifat operasi penjumlahan atau pengurangan menyerupai yang tertera dalam rumus di bawah ini:

-a + (-b) = -a – b

Dari rumus di atas, sanggup dilihat bahwa negatif a ditambah negatif b itu sama dengan negatif a dikurang b. Sifat ini perlu diingat untuk menuntaskan penjumlahan bilangan negatif dengan bilangan negatif.

Untuk terangnya, perhatikan pola berikut:
1). -24 + (-20) = -24 – 20 = -44
2). -8 + (-10) = -8 – 10 = -18

Untuk pola pertama {-24 + (-20) = -24 – 20 = -44}, cara memahaminya merupakan kita punya hutang sebesar 24 dolar kemudian berhutang lagi sebesar 20 dolar, maka hutang kita bertambah menjadi 44 dolar.

Untuk pola kedua {-8 + (-10) = -8 – 10 = -18}, cara memahaminya merupakan kita punya hutang sebesar 8 dolar kemudian berhutang lagi 10 dolar, maka hutang kita bertambah menjadi 18 dolar.

Dengan begitu ada dua cara berfikir untuk menuntaskan soal kedua, yaitu:
a). -8 + 10 = 2 (Hutang 8, dibayar 10, sisa uang 4)
b). 10 – 8 = 2 (Uang 10, dipotong hutang 8, sisa uang 4).

Baca Juga:   Menentukan Himpunan Penyelesaian Pertidaksamaan Linear

Dari dua pola di atas sanggup dilihat bahwa penjumlahan bilangan negatif dengan bilangan negatif selalu menghasilkan bilangan negatif. Dengan analogi hutang, apabila hutang dijumlahkan dengan hutang, maka hutangnya akan bertambah.

#3 Penjumlahan Bilangan Positif dan Bilangan Negatif
Bentuk yang ketiga merupakan penjumlahan bilangan kasatmata dengan bilangan negatif. Bentuk ini bergotong-royong hanya bentuk lain dari model yang pertama yaitu penjumlahan bilangan negatif dengan bilangan positif. Tapi tak apa-apa dibahas sebagai perbandingan.

a + (-b) = a – b

Dari sifat di atas, sanggup dilihat bahwa a ditambah negatif b itu sama dengan a dikurang b. Dengan demikian, penjumlahan tersebut sanggup dengan gampang diselesaikan menyerupai halnya operasi pengurangan pada bilangan bundar positif.

 Operasi bilangan bundar negatif kerapkali dianggap sulit oleh sebagian murid yang tak m TIPS CEPAT MEMAHAMI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT NEGATIF

Untuk terangnya, perhatikan pola berikut:
1). 24 + (-20) = 24 – 20 = 4
2). 8 + (-10) = 8 – 10 = -2

Untuk pola pertama {24 + (-20) = 24 – 20 = 4}, cara memahaminya merupakan kita punya uang sebesar 24 dolar kemudian dipakai membayar hutang sebesar 20 dolar, maka hutang kita lunas dan uang kita masih tersisa 4 dolar.

Untuk pola kedua (8 + (-10) = 8 – 10 = -2), cara memahaminya merupakan kita punya uang sebesar 8 dolar kemudian dipakai membayar hutang sebesar 10 dolar, maka kita masih berhutang sebesar 2 dolar.

Jika teman-teman perhatikan, edutafsi sengaja mengambil pola dengan angka yang sama untuk ketiga bentuk penjumlahan di atas. Tujuannya merupakan semoga teman-teman sanggup membandingkan karenanya serta memahami konsep penjumlahan bilangan negatif.

Demikian tips cara memahami penjumlahan bilangan negatif yang sanggup edutafsi bagikan. Semoga bermanfaat. Jika pembahasan ini berdasarkan anda penting dan bermanfaat, bantu kami membagikannya kepada teman-teman anda melalui tombol share yang tersedia.

Buat teman-teman yang suka mencar ilmu melalui media video, edutafsi juga sudah menyiapkan video pembelajaran berkonsep animasi ihwal penjumlahan bilangan negatif. Dukung kita dengan like dan share video tersebut ke teman-teman anda sekaya-kayanya. Terimakasih.