Tokoh Matematikawan : Gabriel Cramer, Leonhard Euler, Dan Bernhard Riemann

Posted on

         Pondok Soal.com – Untuk artikel kali ini kita akan mengenal tiga tokoh Matematikawan yang berjasa dalam bidang Matriks, Bunga pertumbuhan, dan Integral. Langsung saja Berikut nama Tokoh dan Ulasannya.

         Gabriel Cramer merupakan spesialis matematika dari Swiss. Meski Cramer tak digolongkan sebagai jago matematika terbesar pada zamannya, tenamun kontribusinya sebagai pemilah gagasan-gagasan matematis telah memberinya posisi terhormat dalam sejarah matematika. Cramer melaksanakan kaya perjalanan dan bertemu dengan kaya jago matematika terkemuka pada masa itu.
         Hasil karya Cramer yang paling terkenal merupakan Introduction al’analyse des lignes courbes algebriques (1750), yang merupakan studi dan kalsifikasi kurva-kurva aljabar dimana aturan Cramer muncul dalam lampirannya. Meskipun aturan itu memakai namanya, tenamun bermacam gagasan telah dirumuskan sebelumnya oleh kaya jago matematika. Namun demikian, catatan penting Cramerlah yang membantu memperterang dan mempopulerkan teknik ini.
         Kematiannya pada usia 48 tahun disebabkan kerja terlalu keras dan kecelakaan akhir terjatuh dari kereta. Cramer merupakan orang yang baik dan menyenangkan dan memiliki minat yang luas. Ia menulis seputar filsafat aturan dan pemerintahan serta sejarah matematika. Ia bekerja pada kantor pemerintahan dan berpartisipasi di angkatan bersenjata di pecahan artileri dan acara pembentengan pemerintah. Ia juga menjadi pelatih bagi para pekerja seputar teknik perbaikan katedral dan melaksanakan penggalian peninggalan katedral. Cramer mendapatkan kaya gelar kehormatan untuk kegiatan-kegiatan yang dilakukannya. Kembali ke daftar Tokoh

         Leonhard Euler merupakan tokoh mayoritas dari matematika masa kedelapanbelas dan pengarang matematika yang paling subur sepanjang masa. Lahir akrab Besel, Swiss, ia berguru kepada orang bangsanya Johann Bernoulli dan telah menerbitkan makalah-makalah pada usia 18 tahun. Ia menjabat di Universitas Besel, St. Petersburg Academy of Sciences. Pada waktu ia meninggal, disebutkan bahwa semua matematikawan Eropa merupakan mahasiswanya.
         Minat Euler terentang disemua matematika dan fisika. Ia memperkenalkan $ e \, $ sebagai bilangan dasar untuk logaritma asli, mengatakan bahwa $ e \, $ dan $ e^2 \, $ merupakan tak rasional, dan menemukan relasi luar biasa $ e^{i\pi} = -1 $ . Kebutaan selama 17 tahun terakhir dari hidupnya tak menghambat karyanya. Sebagian disebabkan oleh daya ingatnya yang ajaib. Ia mengetahui dalam hati rumusrumus trigonometri dan analisis. Dikatakan bahwa ia telah mengerjakan suatu perhitungan hingga 50 posisi desimal di dalam kepalanya. Selain itu, Euler merupakan seorang pecinta keluarga, yang kerapkali menghabiskan waktu sore harinya bersama 13 putra-putrinya dengan membangun permainan-permainan ilmiah. Kembali ke daftar Tokoh

         Bernhard Riemann lahir di Breselenz, sebuah desa didekat Danneberg di Kerajaan Hanover di Jerman . Riemann merupakan anak kedua dari 6 bersaudara. Keluarga Riemann miskin dan Riemann serta saudara-saudaranya lemah serta sakit-sakitan. Meskipun hidup dalam kemiskinan dan kekurangan gizi, ayah Riemann berhasil mengumpulkan dana yang cukup untuk mengirim puteranya yang kini berusia 19 tahun ke Universitas Gottingen yang terkenal itu. Di sana, beliau bertemu untuk pertama kali Carl Friedrich Gauss, yang dijuluki “Pangeran Ilmu Matematika,” salah seorang matematikawan terbesar sepanjang masa. Bahkan hingga sekarang, Gauss digolongkan oleh para jago matematika sebagai salah satu dari ketiga matematikawan paling terkenal dalam sejarah: Archimedes, Isaac Newton, dan Carl Gauss.
         Hidup Riemann singkat, hanya 39 tahun. Ia tak memiliki waktu untuk menghasilkan karya matematika sekaya yang dihasilkan Cauchy atau Euler. Tenamun karyanya mengagumkan untuk kualitas dan kedalamannya. Makalahmakalah matematisnya tetapkan arah gres dalam teori fungsi kompleks meprakarsai studi mendalam dari apa kini yang disebut topologi, dan dalam geometri memulai perkembangan yang memuncak 50 tahun kemudian dalam teori Relativitas Einstein.
         Walaupun Newton dan Leibniz keduanya memiliki suatu versi wacana Intergal dan mengetahui wacana Teorema Dasar dari kalkulus intergal, Riemanlah yang memberi kita definisi modern wacana integal tentu. Untuk menghormatinya, disebut Intergal Riemann. Riemann juga dihubungkan dengan fungsi zeta Riemann, lema Riemann, manipol Riemann, teorema pemetaan Riemann, duduk kasus Riemann-Hilbert, teorema Rieman-Roch, persamaan Cauchy-Riemann. Kembali ke daftar Tokoh