Tokoh Matematikawan : Thabit Ibnu, Gauss, Escher, Dan Ronald Aylmer Fisher

Posted on

         Pondok Soal.com – Untuk artikel kali ini kita akan mengenal empat tokoh Matematikawan Lagi yang berjasa dalam bidang Geometri, Persamaan dan Pertaksamaan Linear, Transformasi, dan Peluang beserta Statistika. Langsung saja Berikut nama Tokoh dan Ulasannya.

         Thabit Ibnu Qurra merupakan Matematikawan muslim yang dikenal dengan panggilan Thabit. Beliau merupakan salah seorang ilmuan muslim terkemuka di bidang Geometri. Beliau melaksanakan inovasi penting di bidang matematika menyerupai kalkulus integral, trigonometri, geometri analitik, dan geometri non Eucledian.
         Salah satu karya Thabit Ibnu Qurra yang fenomenal di bidang geometri merupakan bukunya yang berjudul The composition of Ratios (komposisi rasio). Dalam buku tersebut, Thabit mengaplikasikan antara aritmatika dengan rasio kuantitas geometri. Pemikiran ini, jauh melampaui inovasi ilmuan Yunani kuno dalam bidang geometri.
         Sumbangan Thabit terhadap geometri lainnya yakni, pengembangan geometri terhadap teori Pythagoras di mana dia mengembangkannya dari segitiga siku-siku khusus ke seluruh segitiga siku-siku. Thabit juga mempelajari geometri untuk mendukung penemuannya terhadap kurva yang diperlukan untuk membentuk bayangan matahari. Kembali ke daftar Tokoh

         Johann Carl Friedrich Gauss lahir di Braunschweig, 30 April 1777. Beliau merupakan matematikawan, astronom, dan fisikawan Jerman yang menunjukkan bermacam-macam kontribusi, bahkan ia dipandang sebagai salah satu matematikawan terbesar sepanjang masa selain Archimedes dan Isaac Newton. Pada usia tiga tahun, ia telah bisa mengoreksi kesalahan daftar honor tukang watu ayahnya. Menurut cerita, pada umur 10 tahun, ia membuat gurunya terkagum-kagum dengan menunjukkan rumus untuk menghitung jumlah suatu deret aritmatika berupa perhitungan deret $ 1 + 2 + 3 + … + 100, \, $ bahkan soal yang diberikan gurunya gotong royong lebih sulit dari itu.
         Sebagai salah satu matematikawan terbesar sepanjang masa, gauss melaksanakan penelitiannya di observatorium astronomi di Gottingen, kota kecil di jantung Jerman. Gauss menunjukkan bermacam-macam bantuan yang variatif pada bidang matematika. Bidang analisis dan geometri mempunyai kandungan kaya sekali sumbangan-sumbangan piliran Gauss, inspirasi geometri non Euclidis dia kembangkan pada tahun 1797.
         Pada tahun 1799 menyumbangkan tesis doktornya seputar teorema Dasar Aljabar dan tahun 1800 berhasil membuat metode kuadrat terkecil. Dan pada 1801 berhasil menjawab pertanyaan yang berusia 2000 tahun dengan membuat polygon 17 sisi menggunakan penggaris dan kompas. Di tahun ini juga menerbitkan Disquisitiones Arithmeticae, sebuah karya klasik wacana teori bilangan yang paling kuat sepanjang masa.
         Gauss hampir menghabiskan seluruh hidupnya di Gottingen hingga wafat. Gauss yaitu ilmuwan dalam bermacam bidang : matematika, fisika, dan astronomi. Bidang analisis dan geometri menyumbang kaya sekali sumbangan-sumbangan pikiran Gauss dalam matematika. Kalkulus termasuk salah satu bidang analisis yang juga menarik perhatiannya.
         Salah satu inovasi terbesar Gauss adlah metode “Gauss-Seidel” dipakai untuk menuntaskan sistem persamaan linear berukuran besar, menyerupai sistem-sistem yang kaya ditemukan dalam sistem persamaan diferensial. Metode iterasi Gauss-seidel dikembangkan dari gagasan metode iterasi pada solusi persamaan tak linear. Teknik iterasi jarang dipakai untuk menuntaskan Sistem Persamaan Linear berukuran kecil lantaran metode-metode eksklusif menyerupai metode eliminasi Gauss lebih efisien daripada metode iterasi. Kembali ke daftar Tokoh

         Maurits Cornelis Escher merupakan salah satu seniman grafis yang paling populer di dunia. Karya seninya dinikmati oleh jutaan orang di seluruh dunia, menyerupai sanggup dilihat pada kaya situs web di internet. Ia populer atas konstruksi mustahilnya, menyerupai Ascending and Descending, Relativity, transformasi Print-nya, menyerupai Metamorphosis I, II, dan III, Sky & Air I atau Lizard.
         M. C. Escher, selama hidupnya, membuat 448 litografi, gesekan kayu dan lebih dari 2000 gambar dan sketsa. Sebagaimana sedikit pendahulunya yang terkenal, Michelangelo, Leonardo da Vinci, Durer dan Holbein, M. C. Escher juga kidal. Pada tahun 1922, dia terpesona oleh bangunan dan keteraturan bidang, ketika ia pertama kali mengunjungi Alhambra, istana Moor kala keempat belas di Granada, Spanyol. Desain dekoratif rumit di Alhambra, yang didasarkan pada simetri geometris yang menampilkan saling contoh berulang dipahat ke dinding watu dan langit-langit, merupakan efek kuat pada karya-karya Escher.
         M. C. Escher bermain dengan srsitektur, perspektif, dan ruang mustahil. Seninya terus memukau dana disukai jutaan orang di seluruh dunia. Kembali ke daftar Tokoh

         Ronald Aylmer Fisher merupakan seorang pakar statistika, pertanian eksperimental, dan genetika kuantitatif asal Inggris. Fisher merupakan pemberi landasan bagi kaya aspek dalam ilmu statistika modern, khususnya di bidang statistika inferensi, yang mempelajari teori estimasi dan uji hipotesis. Ia juga dikenal sebagai orang yang bisa menyatukan dua kutub perdebatan di awal perkembangan genetika modern: antara kutub genetika kuantitatif dan genetika kualitatif (genetika Mendel).
         Richard Dawkins, tokoh pendukung neo-Darwinisme dan ateisme, menyebutnya sebagai “Pengmengganti Darwin Terbesar”, dan andal sejarah statistika Anders Hald menyebut “Fisher merupakan seorang jenius yang dengan sendirian membuat dasar-dasar ilmu statistika modern”.
         Beberapa derma Fisher pada dunia statistik merupakan Prinsip Desain Eksperimen, maksimum likelihood, sifficiency, acilarity, Diskriminator Linier Fisher, dan Fisher Information. Dalam artikelnya tahun 1924 “ On a distribution yielding the error functions of several well known statistics” diperkenalkan chi-square Karl Pearson dan t-student, hasil analisisnya yang lain merupakan distribusi z (yang dikala ini sangat dikenal bersama Distribusi F). Kontribusi ini menciptakannya menjadi tokoh utama statistika kala 20. Kembali ke daftar Tokoh